pulsa-logo

Tentang Resolusi Layar dan UI di Smartphone Lipat Samsung


Nariswari

Kamis, 08 November 2018 • 14:49

Smartphone Lipat Samsung,Samsung


Ilustrasi: Logo SamsungIlustrasi: Logo Samsung

Dalam upayanya untuk mendapatkan lebih banyak dukungan dari pihak developer untuk smartphone lipatnya di pasar global, Samsung memamerkan perangkat tersebut ke para undangan yang menghadiri konferensi pengembang di San Francisco, Amerika Serikat.

Perlu diketahui, saat mengembangkan aplikasi untuk perangkat seluler, pengembang memerlukan akses ke berbagai informasi mendasar tentang perangkat yang akan didukungnya. Sebut saja jenis layar dan resolusi layar, dan materi itulah yang menjadi salah satu topik bahasan yang disampaikan oleh Samsung pada sesi konferensi pers di acara tersebut.

Di acara tersebut, Samsung memaparkan bahwa dalam menggarap smartphone dengan desain layar lipat, mereka menggunakan konsep  dua layar dengan resolusi yang berbeda.

Smartphone lipat Samsung akan memiliki layar 7,3 inci ketika sedang posisi terbuka untuk menawarkan pengalaman menonton seperti tablet. Sedangkan ketika smartphone tersebut dilipat, pengguna akan memiliki akses ke layar 4.6 inci. Layar luar 4,6 inci ini memiliki aspek rasio 21:9 dan resolusi 840 × 1960 piksel, dengan kepadatan piksel 420 ppi.

Sedangkan layar 7,3 inci membawa resolusi layar 1536 × 2152 piksel dan kerapatan piksel yang sama dengan layar luarnya. Aplikasi yang digunakan di layar luar akan diperluas untuk menempati layar utama 7.3 inci ketika perangkat dibuka, dan pengguna juga akan memiliki opsi untuk menggunakan tiga aplikasi dalam mode tablet.

Kini kita beralih ke UI yang akan digunakan di smartphone lipat Samsung. Adapun Samsung One UI yang  telah diluncurkan oleh Samsung di acara Samsung Developer Conference yang berlangsung 7-8 November 2018 yang diselenggarakan di Moscone West Convention Center, San Francisco, United States, akan dijalankan pula di smartphone lipat Samsung.

Samsung mengumumkan bahwa antarmuka Samsung One UI telah melalui penyegaran dan update  besar di dalamnya. Seperti yang diungkapkan sebelumnya melalui bocoran  perangkat lunak yang dijalankan di Samsung Galaxy S9 dan Galaxy Note 9, antarmuka Samsung One UI menitikberatkan tentang penempatan fungsi dan fitur penting dalam fokus untuk pengguna. Di samping itu, berupaya untuk memudahkan penggunaan satu tangan. Pada intinya, Samsung One UI adalah antarmuka yang menghadirkan semua tentang kemudahan penggunaan perangkat terbaru Samsung tersebut.


Samsung One UI akan membawa perubahan dalam sejumlah aplikasi. Di aplikasi Setting, opsi yang serupa akan dikelompokkan secara bersama, dan opsi yang sering digunakan akan ditempatkan di bagian atas daftar.

Aplikasi jam akan memiliki semua bagian yang berbeda (seperti alarm dan timer) yang ditempatkan di bagian bawah layar. Secara visual, Samsung One UI sepertinya agak  meniru desain perangkat keras Samsung versi lawas, sehingga Anda akan melihat lebih banyak menemukan ikon berbentuk bulat di ikon aplikasi dan elemen UI lainnya.

Samsung juga mengungkapkan bahwa Samsung One UI akan menggerakkan smartphone lipat generasi terbarunya. Berkat ukuran layar yang lebih besar dan jenis layar fleksibel pada ponsel yang dapat dilipat, maka Samsung One UI akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan hingga tiga aplikasi secara bersamaan, bukan dua aplikasi seperti yang umum dihadirkan di smartphone premium saat ini. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2