pulsa-logo

Hands On Nokia 5.1 Plus, Android One dengan Helio P60


Deni Hardian

Kamis, 08 November 2018 • 15:46

nokia,hmd global,nokia 5.1 plus,hands on nokiga 5.1 plus,spesifikasi nokia 5.1 plus,harga nokia 5.1 plus,fitur nokia 5.1 plus


Nokia 5.1 PlusNokia 5.1 Plus

Setelah gelaran pre-order usai, Nokia 5.1 Plus akhirnya mulai tersedia secara online maupun offline di market ponsel tanah air. Tanpa membutuhkan waktu yang lama PULSA langsung memboyong smartphone terbaru keluaran HMD Global ini ke meja redaksi. Tiba di pasaran dengan banderol resmi Rp 2.599.000, namun PULSA membelinya secara online di salah satu peretail ternama dengan harga yang sedikit lebih terjangkau dari harga resminya. Bagaimana kesan yang diberikan oleh Nokia 5.1 Plus? Simak ulasan hands on nya berikut ini.

OS Nokia 5.1 PlusOS Nokia 5.1 Plus

Kita mulai dari sisi desain, Nokia 5.1 Plus memiliki tampilan desain yang identik dengan smartphone Nokia lainnya yang telah edar sebelumnya yakni Nokia 6.1 Plus. Nokia 5.1 Plus hadir dengan balutan desain dengan tebal body 8.1 mm dan panjang 149.5 mm. Perangkat ini juga memiliki bobot sekitar 160 gram. Meski cukup berat dalam genggaman, namun perangkat ini masih cukup nyaman digunakan.

Mengadopsi material kaca pada sisi depan dan belakangnya, namun bingkai yang tertanam pada sisi perangkat ini hanya terbuat dari plastik. Cukup disayangkan memang, meski begitu tampilannya masih memberikan kesan mewah dan elegan. Tak berbeda dengan Nokia 6.1 Plus, Nokia 5.1 Plus juga masih menyematkan tombol power dan volume pada sisi kanan perangkat. Sementara di sisi kiri Nokia membenamkan slot kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan alias hybrid.


Pada bagian atas Nokia juga masih menyematkan lubang jack audio, sedangkan di bagian bawah tertanam port microUSB Type-C dan lubang speaker.

Beralih ke bagian layar, Nokia 5.1 Plus juga hadir dengan ukuran layar 5.86 inci dengan resolusi HD+ (720x1520p) dengan rasio 19:9 dan kerapatan layar yang mencapai 287 ppi. Asiknya lagi, Nokia 5.1 Plus juga hadir dengan tampilan poni di bagian atasnya, namun poni yang tertanam ini memiliki ukuran yang besar.

Berbicara soal dapur pacunya, Nokia 5.1 Plus dibekali dengan chipset Mediatek Helio P60 dengan grafis Mali-G72 MP3. Chipset yang tertanam  ini sudah dikombinasikan dengan RAM sebesar 3GB dan memory internal sebesar 32GB. Tertanam pula baterai berkapasitas 3060 mAh untuk menopang aktivitasnya sehari-hari. Namun sayangnya, meski memiliki baterai berkapasitas yang cukup besar, Nokia 5.1 Plus tidak dibekali dengan fitur fast charging.

Beralih ke sektor fotografi, smartphone Android One Nokia ini dibekali dengan kamera ganda dengan resolusi 13MP, f/2.0, PDAF + 5MP. Kamera kedua yang tertanam pada bagian belakang ini memfokuskan pada hasil foto dengan efek bokeh. Sementara untuk aktivitas selfie, Nokia 5.1 Plus menyematkan kamera depan dengan resolusi 8 megapiksel.

Namun bagaimanakah kinerja dan kualitas foto yang ditawarkan dari Nokia 5.1 Plus? Nantikan ulasan lengkapnya hanya di Tabloid PULSA.