pulsa-logo

Ini Loh Perbedaan Nokia 5.1 Plus dengan Nokia 6.1 Plus


Deni Hardian

Kamis, 08 November 2018 • 15:55


Beda Nokia 5.1 Plus dengan Nokia 6.1 PlusBeda Nokia 5.1 Plus dengan Nokia 6.1 Plus

HMD Global belum lama ini telah merilis smartphone dengan harga terjangkaunya di Indonesia. Yang terbaru adalah Nokia 5.1 Plus yang telah memulai debutnya di pasaran secara pre-order dengan harga Rp 2.599.000. Setelah melakukan hands on, kali ini PULSA ingin membandingkan Nokia 5.1 Plus dengan smartphone Nokia 6.1 Plus yang telah terlebih dahulu edar di pasaran. Hal ini dikarenakan, kedua smartphone ini memiliki kemiripan dari sisi desain yang ditawarkan. Selain itu, fitur yang tertanam pada perangkat ini juga nyaris sama mulai dari kamera ganda, layar berponi hingga fitur lainnya.

Apa saja perbedaan dari kedua perangkat ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Meski memiliki kemiripan dari desain yang ditawarkan, namun ada beberapa perbedaan yang mencolok dari kedua perangkat ini. Kita mulai dari material desain yang ditawarkan, kedua perangkat ini memiliki material kaca yang tertanam pada bagian depan maupun bagian belakang. Namun pada sisi bingkainya, Nokia 5.1 Plus mengalami penurunan karena hanya menyematkan frame yang terbuat dari plastik glossy. Sementara Nokia 6.1 Plus dibekali dengan material yang terbuat dari metal doff. Selain itu, pada tombol power, volume dan sensor sidik jari yang tertanam pada Nokia 6.1 Plus diberikan sentuhan metal yang membuatnya sangat menarik. Hal ini tidak terdapat pada Nokia 5.1 Plus yang tampil polos tanpa adanya sentuhan metal.

Selain material body yang memiliki perbedaan, ukuran dimensi kedua perangkat ini juga berbeda. Nokia 5.1 Plus memiliki panjang body, ketebalan body yang lebih tebal dan bobot yang lebih berat dibandingkan dengan Nokia 6.1 Plus. Nokia 5.1 Plus memiliki panjang body mencapai 149.5 mm sedangkan Nokia 6.1 Plus hanya 147.2 mm. Dari sisi ketebalan, Nokia 5.1 Plus hadir dengan tebal body 8.1 mm dan bobot yang mencapai 160 gram. Sementara Nokia 6.1 Plus memiliki ketebalan body hanya 8mm dengan bobot hanya 152 gram saja.

Dari sektor layar, meski memiliki ukuran layar yang  hampir mirip yakni 5,86 inci namun layar poni yang  tertanam pada Nokia 5.1 Plus memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Nokia 6.1 Plus. Selain itu, resolusi layar yang ditanamkan pada Nokia 5.1 Plus memiliki resolusi hanya 720x1520p HD+ sementara Nokia 6.1 Plus memiliki resolusi layar FHD+ (1080 x 2280p) namun kedua perangkat ini sama-sama memiliki rasio layar 19:9. Perbedaan yang cukup mencolok lainnya adalah dukungan lapisan kaca yang tertanam pada Nokia 5.1 Plus tidak dibekali dengan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Beralih ke sektor kinerja, Nokia 5.1 Plus lebih mempercayakan kinerjanya dengan menanamkan chipset buatan Mediatek Helio P60 dan kombinasi RAM 3GB dan memory internal 32GB. Sementara itu, Nokia 6.1 Plus lebih digdaya dengan menyematkan chipset Qualcomm Snapdragn 636 dengan kombinasi RAM 4GB dan memory internal 64GB. Sementara dari penunjang dayanya, keduanya sama-sama menyematkan baterai berkapasitas 3060mAh.


Dari sektor fotorgrafi, meski sama-sama memiliki dukungan kamera ganda di bagian belakang, namun konfigurasi kamera yang tertanam memiliki perbedaan yang cukup jauh. Nokia 5.1 Plus hadir dengan konfigurasi kamera belakang 13MP + 5MP, sementara Nokia 6.1 Plus hadir dengan konfigurasi kamera belakang 16MP + 5MP. Tak hanya itu, kamera depan yang tertanam di kedua perangkat ini juga memiliki besaran resolusi yang berbeda. Nokia 6.1 Plus hadir dengan kamera depan 16 megapiksel sedangkan Nokia 5.1 Plus hanya dibekali dengan kamera depan 8 megapiksel.

Selain perbedaan yang terungkap, namun kedua perangkat ini memiliki fitur unggulan yang serupa mulai dari sensor sidik jari, fitur dual-sight serta tampilan desain yang memukau.