pulsa-logo

Smartphone dengan RAM 12GB Hadir Tahun Depan


PULSA

Jum'at, 09 November 2018 • 08:47

Smartphone dengan RAM 12GB Hadir Tahun Depan


ilustrasi, sumber: Sammobileilustrasi, sumber: Sammobile

Tidak dipungiri RAM besar masih menjadi gimmick yang jitu terutama untuk produk smartphone berbasis Android. Jika rata-rata di tahun ini RAM 8GB sudah menjadi hal yang biasa, tahun depan akan muncul RAM 12 GB.

Meski tak banyak, beberapa produk flagship telah menawarkan jumlah RAM hingga 10 GB di 2018. Xiaomi salah-satunya dengan memperkenalkan Mi Mix 3 edisi khusus yang memiliki jumlah RAM terbesar saat ini. Oppo juga demikian.

Nah, belum lama ini Micron mengumumkan bahwa mereka telah mulai produksi massal chip memori LPDDR4X generasi kedua yang kecepatan kinerja yang bisa mencapai 4266Mbps, sedangkan kapasitas chip tunggal bisa sampai 12GB.

Dibandingkan dengan generasi pertama dari RAM LPDDR4X-4266, konsumsi daya dari generasi kedua ini bisadtekan hingga 10%. Ini berkat penggunaan proses manufaktur 10nm. Pada saat yang sama, setelah chip tunggal upgrade ke 1.5GB, dapat menghemat ruang bagi produsen untuk membangun kapasitas 6GB / 12GB.

Menurut laporan, chip memori baru Micron saat ini memiliki kapasitas industri tertinggi, dan saat ini memiliki clock tercepat 4x DRAM. Samsung Juli kemarin juga telah meirilis RAM LPDDR4X-4266 dengan kapasitas 16GB, Yang juga didasarkan pada proses 10nm lanjutan.

Saat ini, hanya Kirin 980 yang dapat mendukung memori LPDDR4X-2133 tertinggi di industri. Namun, dengan meningkatnya kebutuhan data throughput dalam era 5G, frekuensi tinggi dan kapasitas tinggi LPDDR4X akan menjadi mainstream. Chip memori baru Micron akan memberikan kinerja pengolahan data yang lebih baik untuk komputasi dan data-intensif aplikasi mobile seperti AI, AR, video 4K. Mereka akan digunakan di perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dll (*)

Sumber: Gizchina