pulsa-logo

Ini Kelebihan e-SIM Dibanding SIM Fisik


Aldrin Symu

Senin, 12 November 2018 • 16:35

e-SIM, Kartu SIM,


image: skyroam.id

Belum lama ini iPhone XS dan iPhone XS Max dirilis dengan fitur terbaru yaitu adanya e-SIM. Sebenarnya e-SIM ini bukanlah hal yang baru, sebab sebelumnya Samsung Gear S2 3G pada 2016 telah dirilis dengan fitur e-SIM dan diikuti oleh Apple Watch 3. Beberapa hari yang lalu, untuk pasar Indonesia, Wiko Tommy 3 Series juga hadir dengan fitur e-SIM bekerja sama dengan Skyroam SIMO. Sebenarnya, bagaimana cara kerja dari e-SIM ini dan apa saja kelebihannya dibanding dengan SIM fisik yang saat ini digunakan? Berikut penjelasannya.

Pada gelaran Computex 2017 e-SIM mulai diperkenalkan dan disematkan pada beragam perangkat diantaranya laptop. Saat ini sebenarnya teknologi e-SIM telah diterapkan pada smartphone, IoT (internet of things), dan wearable device. Namun sebelum membahas e-SIM, sebaiknya membahas SIM fisik.

Kartu SIM (Subscriber Identification Module) terdiri dari beberapa jenis berdasarkan ukuran yakni makro, mikro dan nano. Kartu SIM merupakan sebuah lempengan dengan dimensi tertentu berbasis logam pembalut (emas, perak atau logam konduktor lainnya).

Kartu SIM menyimpan informasi yang berkaitan dengan jaringan yang digunakan untuk otentifikasi (authentication) dan identifikasi pengguna. Data yang paling penting adalah: nomer identitas kartu (ICCID, Integrated Circuit Card ID), nomer pengguna internasional (IMSI, International Mobile Subscriber Identity), kunci authentikasi (Ki, Authentication Key), kode area (LAI, Local Area Identity), dan nomer panggilan darurat operator. SIM juga menyimpan nomer layanan pusat untuk SMS (SMSC, Short Message Service Center), nama penyedia layanan (SPN, Service Provider Name), dan lainnya.

image: techlector.com


Cara Kerja e-SIM

e-SIM merupakan elektronik SIM yang tertanam didalam perangkat tanpa bentuk fisik sehingga lebih dikenal dengan nama embedded SIM. Sesuai namanya, e-SIM nantinya akan menggantikan kartu SIM (fisik) yang selama ini ada di dalam perangkat. e-SIM akan hadir dalam bentuk virtual yang tertanam dan tidak bisa dilepas. Konon Apple dan Samsung telah telah bekerja sama dengan pihak GSMA (Group Speciale Mobile Association) untuk menanamkan e-SIM kedalam berbagai perangkat. GSMA adalah organisasi yang mewakili kepentingan pihak operator seluler di seluruh dunia.

Alasan pertama penggunaan e-SIM adalah lebih mudah untuk beralih operator dan daya jelajah yang lebih fleksibel. Dengan standarisasi e-SIM yang tertanam, idenya adalah Anda dapat beralih ke operator lain tanpa harus memasukkan kartu SIM fisik yang berbeda. Itu semua bisa dilakukan melalui perangkat lunak atau software.

image: support.apple.com

Kenapa e-SIM Lebih Baik Dibanding SIM Fisik

Disadur dari whatphone dan sumber lainnya, berikut 8 alasan kenapa e-SIM lebih baik ketimbang SIM fisik.

1. Mudah untuk berganti operator

Secara sederhana, cara kerja dari e-SIM adalah data jaringan yang ada dan dimuat pada kartu SIM standard akan ditulis ulang pada perangkat e-SIM. Sehingga untuk beralih operator yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan 1 atau 2 panggilan telepon, bukan seperti ketika Anda menggunakan nomor telepon Anda menyeberang ke jaringan-jaringan lain seperti sekarang.

2. Menghindari biaya roaming internasional

Keuntungan lain yang akan didapat adalah saat bepergian dan memberi kemudahan untuk beralih ke jaringan lokal jika Anda akan menghabiskan waktu cukup lama berada di luar negeri. Itu terutama berguna ketika bepergian di luar Uni Eropa, di mana biaya roaming bisa menjadi begitu tinggi.

3. Berbagi paket data

Satu paket data dapat digunakan oleh banyak perangkat seperti ponsel, tablet, smartwatch dan perangkat lainnya. Hal ini lebih menguntungkan dibandingkan menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya.

4. Merangsang inovasi tipe dan fleksibilitas paket data

Dengan adanya e-SIM, operator atau penyedia jasa akan berlomba-lomba untuk menyediakan paket yang fleksibel dan lebih menguntungkan pengguna.

5. Menghemat uang

Dengan format e-SIM, paket data yang ditawarkan akan menjadi lebih hemat dibandingkan dengan paket data yang ditawarkan sekarang ini. Selain itu, untuk berpindah paket dari satu penyedia ke penyedia lainnya sangatlah mudah.

6. Menghubungkan banyak perangkat

Anda tidak membutuhkan WiFi hotspot untuk dapat terhubung ke internet sehingga semakin banyak perangkat yang dapat menggunakan e-SIM.

7. Semua dapat terhubung.

Hampir semua perangkat seperti laptop, smartwatch, mobil, seped motor dan perangkat lainnya menjadi dapat terhubung ke internet dengan lebih mudah.

8. Membuat ponsel menjadi lebih kecil dan lebih ringan

Dengan ketiadaan slot atu baki untuk kartu SIM, maka kemungkinan ukuran perangkat akan menjadi semakin kecil. Bahkan smartwatch yang memang berukuran kecil akan semakin mudah diinovasi baik bentuk maupun ukurannya.

Dikutip dari berbagai sumber.