pulsa-logo

Pilih Realme C1 atau Realme 2? Lihat Dulu Perbedaannya


Fauzi

Selasa, 13 November 2018 • 09:37

Realme,Realme 2, Realme 2 Pro,Realme C1


Realme 2, Foto: PULSARealme 2, Foto: PULSA

Hadir di Indonesia, Realme langsung tancap gas dengan meluncurkan tiga seri smartphone sekaligus. Seperti kita ketahui, sub-brand yang relatif baru ini menggedor pasar smartphone Tanah Air lewat Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1.

Dari ketiga smartphone tersebut, yang cukup menarik dibahas adalah Realme 2 dan Realme C1. Bisa dibilang kedua smartphone hadir membidik kalangan pengguna yang relatif sama. Ditilik dari banderolnya, antara kedua smartphone terdapat margin yang cukup lumayan.

Sebagai perbandingan, Realme 2 ditawarkan dengan harga Rp1.999.000 untuk versi RAM 3 GB/32 GB dan Rp2.399.000 untuk versi RAM 4GB/64GB. Adapun Realme C1, di Indonesia smartphone ini dijual dengan harga Rp1.399.000 dan cuma punya satu versi saja. Sejatinya antara Realme C1 dan Realme 2 terdapat sejumlah persamaan. Hanya saja, lantaran harganya yang lebih murah, ada sejumlah faktor pembeda antara Realme C1 dan Realme 2. Apa saja, berikut di antaranya:

Desain  

Dari tampilannya bisa dibilang kedua smartphone Realme C1 dan Realme 2 terlihat mirip. Keduanya sama-sama mengusung layar 6.2 inci berponi dan memiliki lekukan bodi dan dimensi yang juga tidak berbeda. Kendati demikian, bila ditilik lebih jauh, ternyata tampilan fisik keduanya cukup berbeda. Realme 2 yang dijual lebih mahal nampak tampil premium dengan panel belakang yang memiliki pola diamond geometris. Sementara panel belakang Realme C1 terlihat polos tanpa ada sentuhan ornamen seperti yang bisa ditemui di Realme 2.

Sensor Sidik Jari

Dari sistem operasi yang dijalankan, baik Realme C1 dan Realme 2 ternyata sama-sama mengusung Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS v5.1 di atasnya. Jadi, bisa dibilang pengalaman yang diberikan kedua smartphone relatif sama begitupun dengan fitur yang dibawanya.


Sedikit perbedaan mungkin akan kita temui di fitur keamanan yang terdapat di kedua smartphone. Untuk urusan yang satu ini, Realme 2 sudah didukung dengan fitur keamanan yang relatif lebih lengkap, di mana selain sudah ada fitur AI Face Recognition, smartphone ini juga punya sensor sidik jari. Adapun pada Realme C1, sayangnya tidak terdapat sensor sidik jari. Kendati demikian, pada Realme C1 tetap ada fitur keamanan yang kekinian, yakni berupa Face Recognition atau Face Unlock.

Kamera

Alat bidik momen sudah menjadi salah satu fitur penting di sebuah smartphone. Sehingga keberadaannya bukan lagi sekedar fitur pelengkap saja. Nah, untuk urusan fotografi, baik Realme C1 maupun Realme 2 sudah mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Untuk Realme 2, alat bidik yang terletak di bagian belakang sudah mengadopsi sensor dual-camera dengan resolusi 13 MP dan 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor. Ternyata, meski harganya lebih murah Realme C1 juga mengadopsi fitur dual-camera belakang dengan konfigurasi yang sama, yakni 13 MP + 2 MP. Sensor utama kamera belakang kedua smartphone juga sama di mana memiliki fitur autofokus dan aperture f/2.2. Sementara kamera sekundernya memiliki aperture f/2.4 yang mampu menghadirkan efek bokeh.

Lantas, di mana perbedaan keduanya di sektor kamera? Jawabannya terletak di alat bidik yang biasa digunakan untuk selfie. Yup, Realme 2 yang dijual lebih mahal datang mengusung sensor kamera depan 8 MP dengan aperture f/2.2. Sementara Realme C1 dari sisi resolusi, kamera depan smartphone ini ternyata lebih kecil. Untuk pengguna yang suka selfie, Realme C1 mengakomodasi kebutuhan itu dengan kamera sekelas 5 MP. Kendati demikian, mode maupun fitur kamera yang ditawarkan kedua smartphone tidaklah berbeda.

Memori

Mengulik ke spesifikasi penyokong kinerjanya, baik Realme C1 maupun Realme 2 telah didukung dengan prosesor octa-core Cortex A-53 dari Qualcomm, yakni Snapdragon 450 berkecepatan 1.8 GHz ditandem dengan pengolah grafis Adreno 506.

Cuma, perlu dicatat, untuk Realme 2 seperti diketahui smartphone ini datang dengan dua versi berdasarkan besaran RAM dan memori internalnya, yakni versi RAM 3GB/32 GB dan RAM 4GB/64GB. Artinya untuk versi termurah, Realme 2 sudah memiliki RAM 3GB dan memori internal 32 GB. Sementara untuk Realme C1 diracik dengan kapasitas RAM lebih kecil, yakni 2GB. Begitupun dengan memori internalnya, di mana Realme C1 hanya memiliki kapasitas penyimpan data 16GB.

Jadi, mau pilih mana Realme C1 atau Realme 2? (Ozi)