pulsa-logo

2019, iPhone Diprediksi Gunakan Antena Berteknologi Baru, Bedanya Apa?


Nariswari

Selasa, 13 November 2018 • 16:18

apple,iphone,iphone xr,iphone xs,iphone 2019,antena


ilustrasiilustrasi

Apple tampaknya akan menghadirkan komponen antenna berteknologi baru di jajaran iPhone  generasi mendatangnya  yang akan diluncurkan di tahun depan. Melansir kabar dari Gizchina, hal ini diprediksi oleh analis Apple terkenal dari KGI Securities, Guo Minghao yang  menyebutkan bahwa  komponen antenna berteknologi baru akan dihadirkan di jajaran iPhone 2019.

Guo dalam laporan investor terbaru yang diterbitkan  minggu ini menyebutkan bahwa jajaran model iPhone  generasi mendatang  akan memperkenalkan teknologi antenna baru yang disebut dengan MPI (modifikasi polyimide).

Guo Minghao juga menyebutkan dalam laporannya bahwa ada beberapa alasan mengapa Apple akan melakukan perubahan besar dalam komponen antenna di iPhone generasi mendatang. Pertama, “daya tawar” dan posisi  Apple lebih lemah  bila menyangkut pasokan bahan polimer LCP (liquid crystal polymer). Tidak hanya itu, Apple mengalami kesulitan untuk  mencari pemasok alternatif LCP baru karena kompleksitas produksi material LCP.

Kedua, Guo Minghao mengatakan bahwa material LCP lebih rapuh daripada komponen antenna alternatif lain, dan kecepatan produksi antenna LCP tidak dapat ditambah atau ditingkatkan. Tentu saja, ini akan berpengaruh  pada  kinerja antena.

Guo menyebutkan bahwa kinerja antena MPI memiliki kualitas  yang  sama baiknya dengan antena LCP. Secara khusus, Guo Minghao meramalkan bahwa iPhone generasi mendatang yang akan dirilis di tahun 2019,  akan menggunakan 4 (empat) antena MPI dan 2 (dua) antena LCP.

Perlu Anda ketahui,  jajaran iPhone terbaru saat ini, yaitu  iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max  masih dilengkapi dengan 6 (enam) antena LCP. Di sisi hubungan dengan pemasok komponen antena,  Guo Minghao  memprediksi bahwa Apple akan memiliki sedikitnya lima pemasok antena MPI hingga di tahun depan, dan kelima pemasok ini akan bersaing dalam hal  harga, spesifikasi, kualitas dan kesanggupan untuk memenuhio kuota untuk Apple.

Sedangkan terkait dengan komponen antena LCP, Guo Minghao memperkirakan bahwa antena LCP  untuk iPhone (2019)  akan secara eksklusif dipasok oleh pemasok berbasis di Jepang mulai tahun depan.


Lalu apa perbedaan mendasar dari penggunaan komponen antenna MPI di iPhone (2019)? Untuk konsumen pada umumnya, perubahan dalam bahan/ material yang digunakan di antenna MPI  tampaknya tidak menjadi perubahan yang signifikan. Namun Guo Minghao mengatakan bahwa antena MPI  akan memberikan stabilitas dan konsumsi daya yang lebih rendah. (*)

 

    2018-12-05 14:42:20


    iPhone 4S di Tahun 2018?