pulsa-logo

Samsung Sedang Kembangkan Teknologi Pengganti Remote TV dengan Pikiran


PULSA

Selasa, 13 November 2018 • 18:14

Samsung Sedang Kembangkan Teknologi Pengganti Remote TV dengan Pikiran


ilustrasiilustrasi

Ide untuk dapat mengendalikan objek dengan pikiran kita tampaknya hanya ada di film atau cerita fiksi ilmiah, tetapi itu sebenarnya sudah banyak dilakukanbuat. Buktinya ada beberapa peralatan seperti kursi roda yang bisa dikontrol lewat otak. Lalu bagaimana dengan TV?

Nah, pada gelaran Samsung Developer Conference beberapa waktu lalu, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu sedang mengerjakan perangkat lunak yang berpotensi memungkinkan pengguna untuk mengontrol TV mereka menggunakan otak mereka.

Menurut Samsung, seperti dikutip dari Ubergizmo, proyek tersebut sudah dimulai sejak tiga bulan lalu dengan menggandeng Center of Neuroprosthetics of the Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) di Swiss, dengan gagasan bahwa ini dapat memungkinkan mereka dengan keterbatasan fisik tertentu agar bisa mengontrol perangkat mereka.

Dari sumber yang sama, menurut Ricardo Chavarriaga, seorang ilmuwan senior di EPFL yang juga mengerjakan proyek tersebut mengatakan, “Bagaimana kami dapat memberikan aksesibilitas kepada orang-orang yang tidak dapat bergerak atau yang memiliki keterbatasan pada gerakan mereka. Kami membuat teknologi yang lebih kompleks, yang lebih cerdas, tetapi kami tidak boleh lupa bahwa teknologi ini dibuat untuk berinteraksi dengan manusia. ”

Samsung tidak sendirian dalam mencoba memanfaatkan teknologi untuk membantu para penyandang disabilitas. Selama Netflix's Hack Day, beberapa insinyur Netflix memanfaatkan kamera TrueDepth iPhone X untuk memungkinkan navigasi mata yang juga dapat berguna bagi mereka yang memiliki masalah aksesibilitas. (*)

Sumber: CNEt via Ubergizmo