pulsa-logo

5 Smartphone Penantang Nokia 5.1 Plus


Deni Hardian

Rabu, 14 November 2018 • 15:27

nokia 5.1 plus,asus zenfone max pro m1,realme 2,honor 9i,vivo y83,smartphone,android,dual kamera,tabloidpulsa


Ilustrasi: Nokia 5.1 PlusIlustrasi: Nokia 5.1 Plus

HMD Global belum lama ini telah menghadirkan smartphone kelas menengah terbarunya, Nokia 5.1 Plus. Dengan spesifikasi serta fitur yang cukup menarik, kehadiran Nokia 5.1 Plus cukup  mengusik pasar ponsel tanah air. Sejatinya, Nokia 5.1 Plus ditujukan untuk pengguna smartphone yang gemar bermain game dan fotografi berkat dukungan prosesor Helio P60 yang tertanam di dalamnya. Selain itu, smartphone ini juga sudah dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang.

Kehadiran Nokia 5.1 Plus yang sebelumnya menggunakan metode pre-order, kini sudah tersedia secara langsung dengan menggandeng mitra distributor ternama. Nokia 5.1 Plus dijual dengan harga pasaran Rp 2.600.000, harga ini sedikit lebih murah dibandingkan harga resmi yang dipatok oleh mitra distributor resmi.  Meski memiliki kinerja yang mumpuni, Nokia 5.1 Plus memiliki tampilan yang sedikit membosankan bagi sebagian konsumen hal ini dikarenakan perangkat ini mengusung Pure Android sebagai tampilan utamanya. Yang menarik adalah, dikelas yang sama saat ini sudah tersedia beragam smartphone lain yang juga bisa dijadikan pilihan untuk anda yang enggan memiliki smartphone keluaran HMD Global ini.Apa saja? Berikut pilihannya.

1. Asus Zenfone Max Pro M1 4GB

Rp 2.550.000

Dengan harga yang tidak jauh berbeda, Asus Zenfone Max Pro M1 lebih menawarkan spesifikasi serta fitur yang sedikit lebih menarik dibandingkan dengan Nokia 5.1 Plus. Bersenjatakan panel lapang dengan desain minim bezel serta tampilan layar penuh, smartphone ini bersiap taklukkan pasar Indonesia dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 636 yang merupakan chipset dengan proses produksi 14nm. Dari sisi layar, perangkat ini menyuguhkan diagonal seluas 6 inci dengan resolusi 2160x1080 piksel dalam aspek rasio 18:9. Layar dengan tampilan penuh (FullView Display) yang disematkan pada sang perangkat juga memiliki kecerahan hingga senilai 450 nits. Seperti sudah disinggung sebelumnya, ZenFone Max Pro M1 yang hadir dengan prosesor octa core 1.8GHz, menariknya dengan harga yang tidak jauh berbeda, anda bisa sudah bisa mendapatkan perangkat ini dengan dukungan RAM 4GB dan memory internal 64GB. Dari sektor kamera, ZenFone Max Pro M1 dipersenjatai oleh kamera ganda dengan posisi vertikal yang akan menyertakan sensor dengan resolusi 16MP + 5MP. Kamera depan miliknya juga bakal tertanam dengan resolusi 8MP yang didukung oleh fitur softlight LED flash. Apiknya lagi, smartphone ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh.

2. Realme 2 4GB

Rp 2.600.000


Meski memiliki harga yang sedikit dibawah Nokia 5.1 Plus, Realme 2 juga bisa dijadikan opsi yang menarik. Hal ini dikarenakan Realme 2 hadir dengan fitur yang cukup menarik mulai dari ukuran layar 6,2 inci (1520 x 720 piksel), dan rasio screen-to-body mencapai 88,8%. Realme 2 hadir dengan baterai besar 4230mAh dan AI Power Manager untuk memberikan daya tahan baterai yang sangat lama selama 44 jam. Kamera belakang memiliki konfigurasi dual-camera 13MP + 2MP dengan modus portrait yang dioptimalkan, memberikan gambar yang lebih jelas dan latar belakang bokeh yang lebih alami. Kamera depan smartphone memiliki resolusi 8 MP yang telah dibekali solusi beautiicaion. Tersedia dengan pilihan warna red diamond, blue diamond dan black diamond, serta memori RAM 3GB + ROM 32GB. Namun dari sisi kinerja, perangkat ini hanya dibekali dengan prosesor Snapdragon 450.

3. Xiaomi Redmi 6 4GB

Rp 2.500.000

Smartphone generasi ke-enam dari keluarga Redmi ini hadir dengan beragam fitur khas ponsel masa kini. Kita mulai dari layar, Redmi 6 hadir dengan panel layar berukuran 5.45 inci dengan resolusi HD+ dan aspek rasio 18:9. Tak hanya itu, tampilan desainnya pun cukup menarik dengan sudut yang membulat plus garis tegas di bagian belakangnya. Untuk mendukung kinerjanya, telah tertanam chipset Mediatek Helio P22 dengan prosesor 8 inti 2.0 GHz Cortex-A53 dan grafis PowerVR GE8320. Chipset yang tertanam ini dikombinasi dengan RAM 4GB sementara untuk memory internalnya tersedia pilihan 64GB. Dari sisi kamera, smartphone ini hadir dengan fitur kamera ganda dengan konfigurasi 13MP + 5MP di bagian belakang. Sedangkan kamera depannya adalah 5 megapiksel. Selain itu, Redmi 6 hadir dengan mengadopsi sistem operasi Android 8.1 dengan kustom antarmuka MIUI 9. Tertanam pula sensor sidik jari di bagian belakang dan baterai berkapasitas 3000 mAh untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari.

4. Honor 9i

Rp 2.500.000

Hadir dengan menawarkan tampilan desain yang memikat dibalut dengan opsi warna yang menggoda, Honor 9i dibekali dengan layar poni yang bisa disesuaikan. Perangkat ini memiliki ukuran layar 5.84 inci dengan resolusi layar FHD+. Kamera depan 16MP yang ditingkatkan dengan ISO menetapkan standar baru dalam memotret selfie di lingkungan dengan pencahayaan yang redup. Sedangkan untuk kamera belakang sudah dilengkapi dengan lensa ganda 13MP + 2MP dengan fungsi Wide Aperture juga didukung oleh serangkaian mode kamera untuk merekam momen-momen indah dalam kehidupan sehari-hari pengguna. Untuk memompa kinerjanya, Honor 9i telah menyematkan prosesor Kirin 659 Octa-Core dan sistem EMUI 8.0 menjamin kinerja yang mulus dan konsisten, yang mana juga didukung oleh kapasitas penyimpanan 4GB/64GB. Apiknya lagi, Honor 9i juga dilengkapi dengan fitur face dan fingerprint unlock, sehingga pengguna dapat membuka ponsel pintar tanpa perlu mengetik password atau memindai sidik jari.

5. Vivo Y83

Rp 2.800.000

Vivo Y83 hadir dimensi layar yang mencapai 6.22 inci dengan resolusi layar 720x1520 piksel plus rasio layar 19:9. Layar yang tertanam juga telah disematkan lapisan kaca 2.5D yang memberikan kenyamanan lebih saat digunakan. Untuk mendukung kinerjanya, smartphone ini telah menyematkan chipset Mediatek Helio P22 yang memiliki prosesor octa-core dengan clock speed 2,0 Ghz plus RAM 4GB, ROM 32GB dan mendukung penyimpanan eksternal melalui MicroSD.

Di sektor fotografi, Y83 dibekali dengan  kamera belakang beresolusi 13MP yang didukung oleh LED Flash, dan kamera depan beresolusi 8MP. Smartphone ini dibekali dengan kapasitas baterai 3.260 mAh. Vivo Y83 menjalankan Android v8.1 Oreo dan menampilkan Funtouch OS 4.0. Fitur lain yang tak kalah menarik yang hadir pada smartphone terbaru Vivo ini antara lain sensor pemindai sidik jari dan sensor pemindai wajah.