pulsa-logo

Kesan Pertama Menjajal Asus Zenbook Pro 15, Laptop dengan Dua Layar Pertama di Dunia


Arief Burhanuddin

Rabu, 14 November 2018 • 17:19

Asus Zenbook Pro 15m spesifikasi Asus Zenbook Pro 15, harga Asus Zenbook Pro 15, asus, asus indonesia, asus zenbook, zenbook


Saat Asus ZenBook Pro 15 pertama kali diperkenalkan di ajang Computex beberapa bulan lalu, kehadirannya langsung menarik perhatian khalayak. Pasalnya, laptop profesional keluaran pabrikan Taiwan tersebut tidak menggunakan touchpad layaknya laptop umumnya. Sebagai gantinya, Asus menaruh layar (ya, layar!) IPS  berukuran 5,5 inci. Jadi bayangkan saja seperti sebuah laptop dengan tambahan satu layar seukuran smartphone di bagian tengahnya.

Meski demikian, laptop yang dibanderol seharga 36 juta ini tak melulu mengandalkan Screenpad sebagai jualan utamanya. Embel-embel Pro di belakang namanya menunjukkan bahwa laptop ini ditujukan bagi kalangan profesional dengan fungsi utama mendukung produktivitas. Asus sendiri mengklaim bahwa ZenBook Pro 15 cocok untuk kalangan fotografer, editor video, dan siapa saja yang membutuhkan laptop dengan kemampuan menjalankan pekerjaan berat.

Spesifikasi:

  • CPU: Intel Core i7 8750H Processor Hexa Core (9M Cache, up to 4.1GHz)
  • Graphics: NVidia GeForce GTX 1050Ti 4GB GDDR5VRAM
  • RAM: 16GB DDR4 SDRAM (2400MHz)
  • Layar:  15.6-inch (16:9) 4K UHD (3840x2160) IPS Touch PANTONE validated with NanoEdge Bezel
  • Storage: 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
  • Input: 2 x USB Type-C (USB 3.1 Gen 2) with Thunderbolt 3 support, 2 x USB 3.1 Gen 2, 1 x Full-sized HDMI 1.4, 1x audio jack, 1x microSD card reader, fingerprint censor
  • Konetivitas: dual band 802.11ac gigabit Wi-Fi up to 1.7Gbps / Bluetooth 5.0
  • Kamera: VGA webcam
  • Berat: 1.88kg with battery
  • Dimensi: 36.5 x 24.1 x 1.89cm
  • Harga: Rp35.999.000
  • Warranty: 2 years global

Desain

Secara desain ZenBook Pro 15 terbaru ini mirip dengan pendahulunya. Warna yang ditawarkan ada dua yaitu Deep Dive Blue dan rose gold.


Aksen emas yang menyusuri bezel bagian membuat ZenBook Pro tak hanya tampil elegan, namun juga gagah.

Bezel ZenBook 15 Pro hanya setebal 7,3mm, memberikan kesan tipis pada bodi, sekaligus kesan lebih lebar pada layar. Mekanisme engselnya cukup bersahabat karena dapat dibuka dengan mudah walau hanya dengan menggunakan satu tangan.

Konektivitas

 

Asus ZenBook Pro 15 punya koneksi yang cukup lengkap. Ada dua port USB tipe C generasi kedua yang mendukung koneksi thunderbolt 3 dengan kecepatan transfer data 40GB/detik. Dua USB tipe-A generasi kedua dan sebuah port HDMI juga ikut disertakan.

Selanjutya untuk urusan audio, ZenBook Pro 15 juga dilengkapi dengan sistem tata suara Harman Kardon didukung dengan teknologi ASUS SonicMaster surround sound serta port jack audio 3,5mm.

Transfer data melalui kartu memori bisa dilakukan melalui slot micro SD. Untuk koneksi nirkabel, Zenbook Pro 15 menyematkan Wifi 802.11ac Wave 2 dengan dukungan transfer data hingga 1.13Gb/s and Bluetooth 5.0 terbaru.

ScreenPad

Secara kasat mata, daya tarik terbesar dari seri Pro milik Asus ini adalah ScreenPadnya. Keberadaan layar seluas 5,5 ini cukup menyita perhatian. Selain menggandeng fitur-fitur umum yang dimiliki oleh trackpad, ScreenPad sudah mendukung teknologi gestire milik Window 10 dan fitur Microsoft Precision touchpad. Mungkin Anda yang biasa melakukan 'klik' pada Touchpad biasa agak sedikit canggung karena di screenpad, fitur ini digantikan cukup dengan sentuhan saja.

Asus ternyata tak hanya memakai ScreenPad sebagai gimmick semata. Ada beberapa fungsi yang bisa dilakukan oleh panel kaca tersebut. Saat Anda menggunakannya dalam mode ScreenPad, Asus juga menyediakan beragam aplikasi mini seperti kalkulator, pemutar musik, dan keyboard numerik.

Yang menarik adalah integrasi ScreenPad dengan software Micorsoft Office yang memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai fungsi editing Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint langsung dari ScreenPad.

Mode lain adalah Extension Display Mode. menjadikan Screenpad semacam layar kedua layaknya Anda sedang menghubungkan laptop dengan satu monitor layar sentuh lagi. Dengan ScreeenPAd, Anda juga bisa langsung terhubung dengan smartphone dan mengakses berbagai aplikasi di dalamnya melalui fungsi ASUS Sync.

Keyboard dan Akses

Keyboard Asus ZenBook Pro hadir dengan warna hitam dengan huruf berwarna kuning. Ada 3 level backlight yang bisa Anda gunakan dan sesuaikan dengan kondisi pencahayaan yang ada. Jangan lupa, ZenBook Pro 15 ini juga memiliki layar sentuh. Jadi, selain menggunakan ScreenPad dan keyboard, Anda juga langsung bisa berinteraksi melalui layar. Pemindai sidik jari di Asus ZenBook Pro 15 juga sudah mendukung software pengenalan identitas Windows 10 Hello.

Dengan banderol Rp35.999.000, ASUS memberikan garansi 2 tahun secara global untuk laptop yang masuk kategori premium ini. Tertarik?