pulsa-logo

Siemens-ITB Gelar Kompetisi Mahasiswa Sambut Era Revolusi Industri 4.0


Fauzi

Jum'at, 16 November 2018 • 10:44

Siemens,Siemens Indonesia,Institut Teknologi Bandung,Industri 4.0


Image: SiemensImage: Siemens

Pemerintah Indonesia tengah menerapkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan pendidikan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan revolusi industri keempat atau Industri 4.0.

Peningkatan keterampilan serta pelatihan kembali tenaga kerja sangat penting untuk memanfaatkan peluang luar biasa yang ditawarkan oleh teknologi baru serta mempersiapkan negara dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan di masa depan. Bermitra dengan Siemens Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyelenggarakan kompetisi nasional untuk mahasiswa serta lokakarya satu hari bagi mahasiswa dan praktisi industri dengan topik "Industri 4.0" di Aula Timur ITB, Bandung pada 14-16 November 2018.

Kompetisi ini diikuti oleh 30 tim mahasiswa teknik dari 10 universitas di seluruh Indonesia. Acara yang diselenggarakan oleh Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol, Fakultas Teknologi Industri, ITB ini memegang peranan penting dalam mempromosikan dan mendukung pelaksanaan Industri 4.0 di Indonesia dengan memberikan akses kepada para mahasiswa teknik untuk meningkatkan keterampilan serta kompetensi mereka dalam penerapan otomasi industri.

Secara paralel, Siemens juga menyelenggarakan lokakarya satu hari sebagai sebuah kesempatan yang bagus bagi mahasiswa dan praktisi industri untuk mendapatkan wawasan tentang teknologi terbaru dalam otomasi industri dan solusi digitalisasi untuk sektor energi dan manufaktur pada 15 November 2018.  

“Dengan munculnya berbagai teknologi terbaru serta industri yang terus berubah dengan cepat, sangat penting bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat. Kompetisi ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan keterampilan antara industri dengan akademisi, memberikan mahasiswa paparan praktis dan kesempatan untuk mengasah keahlian mereka. Siemens dengan bangga mendukung para insinyur masa depan,” ungkap Pascal Dricot, Kepala Divisi Digital Factory dan Divisi Process Industries & Drives PT Siemens Indonesia.

Rangkaian lengkap sistem otomasi industri Siemens yang terdiri dari PLC SIMATIC S7, IoT 2040 dan TIA Portal Versi 15 beserta rangkaian lengkap perangkat layanan otomasi digital juga dipamerkan dalam kegiatan ini. Perancangan sistem kontrol yang inovatif memberikan kinerja serta peningkatan efisiensi tinggi dalam proses industri. Para siswa akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dan memahami perbaikan perangkat ini, mulai dari perencanaan digital dan rekayasa terpadu hingga operasi yang transparan.

“Kompetisi ini dapat menjadi tolak ukur bagi para mahasiswa yang ingin memajukan pengetahuan atau mengejar karir di sektor otomasi industri. Kami berharap para peserta akan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak lagi melalui kompetisi ini dan tentunya akan sangat berguna ketika mereka memasuki dunia kerja,” ungkap Dekan Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Dr. Deddy Kurniadi. (Ozi)


Sumber: PR