pulsa-logo

Sstt! Xiaomi Akan Ambil Alih Bisnis Vendor Smartphone Ini


Nariswari

Kamis, 22 November 2018 • 12:36

Xiaomi,Meitu


IlustrasiIlustrasi

Xiaomi menjalin kesepakatan terbaru dengan produsen smartphone, Meitu. Dengan kerjasama strategis ini Xiaomi akan memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan dan menjual produk Meitu di pasar global.

Menurut  bocoran informasi dari dokumen resmi yang dirilis Meitu, pihak Xiaomi akan memperoleh lisensi global eksklusif. Artinya, Xiaomi akan dapat menggunakan merek Meitu internasional dalam teknologi tertentu yang dikembangkan oleh perusahaan. Semua ini tentu saja dalam kaitannya dengan smartphone masa depan Meitu (kecuali Meitu V7).

Berkat kerjasama  komersial baru ini, Meitu dan Xiaomi akan memproduksi smartphone generasi mendatang bersama-sama. Menurut dokumen itu, smartphone hasil kerjasama Xiaomi dan Meitu itu  akan dirancang, dikembangkan, diproduksi, dipasarkan dan dijual oleh Xiaomi. Sementara, di sisi lain Meitu hanya akan bertanggung jawab untuk menyediakan teknologi gambar dan algoritma fotografi di smartphone tersebut.

Sesuatu yang menarik adalah fakta bahwa Xiaomi akan mampu memproduksi seri perangkat lain dengan nama “Meitu”. Ini luar biasa, karena mengisyaratkan bahwa Xiaomi siap untuk mengendalikan bisnis  smartphone Meitu.

Di masa yang akan ada disebut bakal  ada sejumlah smartphone tertentu yang akan dibuat oleh Xiaomi dan Meitu untuk dijual secara global. Sebanyak 10% dari laba kotor penjualan smartphone ini akan diberikan kepada Meitu. Ini akan terus berlanjut sampai dalam jangka waktu 5 tahun.

Meitu nantinya akan menerima sejumlah laba kotor dalam pembuatan smartphone tersebut. Setelah periode yang diperpanjang ini, Xiaomi akan memutuskan apakah mereka ingin maju ke fase 2 dan melanjutkan hubungan kerjasama ini dengan Meitu atau tidak.

Xiaomi tentunya memberikan sejumlah nominal ke Meitu untuk setiap smartphone yang terjual yang telah dikembangkan bersama-sama antara Meitu dan Xiaomi, selama 30 tahun.


Sorotan lain dari dokumen ini adalah bahwa ini menunjukkan bahwa di perangkat lain yang dikembangkan bersama-sama antara Xiaomi dan Meitu ternyata bukan hanya smartphone.

Dalam dokumen itu, disebutkan bahwa Meitu telah menjual total 3,5 juta smartphone sejak awal debut mereka pada tahun 2013.  Meskipun jumlahnya tidak banyak, dengan mereka memutuskan untuk bekerja dengan mitra komersial seperti sebagai Xiaomi, ini sangat  berguna  untuk memperluas pasar pengguna Meitu dalam skala yang lebih besar.

Alasan utama untuk memilih Xiaomi adalah rekor jumlah penjualan di smartphone Xiaomi lebih dari 100 juta unit dari Januari hingga 31 Oktober tahun ini.  Selain platform IoT Xiaomi  yang luar biasa dan sangat inovatif. (Naris/Ozi)

(Sumber)