pulsa-logo

Oppo Luncurkan ColorOS 6.0, Lebih Ringan dan Pas untuk Smartphone Bezel-less


Nariswari

Jum'at, 23 November 2018 • 10:45

oppo,colorOS,colorOS 6.0,colorOS terbaru,update colorOS


GizmochinaGizmochina

Oppo kemarin (22/11)  bertempat di China mengadakan sebuah acara eksklusif, di mana mereka merayakan ulang tahun ke-lima sistem operasi ColorOS.  Seperti yang diprediksi sebelumnya, OEM smartphone yang berbasis di China ini juga memperkenalkan versi terbaru dari ColorOS garapan Oppo yakni ColorOS 6.0.

Oppo mengatakan bahwa  ColorOS 6.0 dirancang khusus untuk smartphone bezel-less. Meskipun demikian,  ColorOS yang hadir di smartphone dengan bezel tersebut tetap akan mendapatkan pembaruan.

Dalam hal antarmuka (UI) di ColorOS 6.0, Oppo menampilkan skema warna gradien. Dari teaser gambar yang dibagikan oleh Oppo, tampak bahwa Oppo melalui ColorOS terbarunya ini menampilkan warna-warna gradient dari warna paling cerah (putih) dari atas ke bawah. Oppo menambahkan bahwa alasan untuk menggunakan putih adalah untuk menciptakan kesan ruang yang lapang dan bersih  sehingga konten dan aplikasi yang muncul nampak  tidak berkerumun atau terlihat “sesak”.

ColorOS 6.0 juga menghadirkan font teks berbahasa Mandarin baru yang disebut Oppo Sans. Font baru ini  dikembangkan oleh Oppo bekerja sama dengan perancang font lokal China, Hanyi.

Selain itu, Oppo melalui ColorOS 6.0 menampilkan peningkatan kinerja. Oppo mengatakan bahwa fitur baru yang disebut aplikasi AI Quick Freeze yang memungkinkan aplikasi untuk “membekukan” aplikasi yang berjalan di smartphone. Oppo mengatakan bahwa sistem AI mempelajari pola penggunaan aplikasi pengguna selama sekitar 15 hari dan mengetahui aplikasi mana saja yang harus “dibekukan” dan mana yang tidak. Dengan fitur baru ini, Oppo mengklaim konsumsi daya secara keseluruhan dengan ColorOS 6.0 akan berkurang hingga 7%.

ColorOS 6.0 akan mulai diluncurkan ke perangkat Oppo generasi terbaru yang diluncurkan di tahun depan. Namun, sejauh ini belum  ada informasi tentang perangkat Oppo apa saja yang akan menjalankan  ColorOS 6.0 dan belum ada informasi  apakah perangkat tersebut akan menjalankan OS Android v9 Pie juga. (*)

Sumber: IThome via Gizmochina