pulsa-logo

Pekerja Pabrik Alami Leukemia dan Tumor Otak, Samsung Minta Maaf


Nariswari

Senin, 26 November 2018 • 13:59

Pekerja Pabrik Alami Leukemia dan Tumor Otak, Samsung Minta Maaf


ilustrasiilustrasi

Beberapa pekerja pabrik Samsung dileporkan telah mengidap Leukimia dan tumor otak, dan setidaknya satu orang meninggal pada 2017 lalu. Seperti dikutip dari Apnews, masalah ini akhirnya beruujunng pada permintaan maaf dari Samsung Electronics pada 23 November lalu.\

Permintaan maaf ini merupakan bagan dari kesepakatan antara Samsung Electronics dengan pekerja yang mengalami gangguan kesehatan lewat mediasi setelah selama beberapa decade masalah ini buntu dan menjadi isu krusial di beberapa media. Selain permintaan maaf, Samsung juga akan memberikan kompensasi yang juga telah disepakati.

Dengan munculnya permintaan maaf Samsung secara terbuka ini, maka sekaligus mengakhiri “api dalam sekam”  yang selama ini dirasakan antara karyawan yang bekerja di pabrik dengan pihak Samsung.  

Kinam Kim, presiden pisi solusi perangkat Samsung, mengatakan, perusahaan gagal "mengelola ancaman kesehatan" di lini produksi semikonduktor dan LCD-nya. Seperti yang diperinci dalam laporan Associated Press selama dekade terakhir, lusinan karyawan yang bekerja di sana telah mengalami Penyakit hebat seperti leukemia dan tumor otak.

Berikut kutipan dari Kimnam-Nim, seperti dilansir Associated Press sebagai berikut;

"Kami menyampaikan permintaan maaf sedalam-dalamnya yang tulus kepada para pekerja kami yang menderita penyakit dan permintaan maaf kami pada seluruh keluarga mereka.”

Kompensasi yang disetujui Samsung hingga 132,000 dolar AS untuk berbagai penyakit yang diderita. Termasuk dengan beberapa kasus serupa yang  pernah terjadi pada 1984. Kompensasi yang diberikan oleh Samsung ini juga akan mencakup penyakit bawaan yang dialami oleh anak-anak pekerja di pabrik Samsung.


Sekedar mengingatkan, kasus yang menimpa karyawan Samsung, di tahun 2007 silam, Hwang Yu-Mil (23 tahun) meninggal karena sakit leukemia parah yang diyakini disebabkan oleh kondisi kerja di pabrik Samsung. Ayahnya, yang merupakan  sopir taksi bernama Hwang Sang-Gi, adalah orang yang memulai perjuangan hukum melawan Samsung. Sang ayah menolak penyelesaian damai dan berusaha membuktikan kurangnya standar keamanan di fasilitas produksi di pabrik Samsung dapat menyebabkan penyakit parah bagi karyawan pabrik Samsung. (*)

Sumber: Associated Press

    2016-11-08 16:11:37


    Samsung Minta Maaf Lewat Iklan