pulsa-logo

Helio P80 Dielporkan akan Memulai Debut Bersama Oppo R19 Pro


Nariswari

Kamis, 29 November 2018 • 17:10

Helio P80 Dielporkan akan Memulai Debut Bersama Oppo R19 Pro


ilustrasi, sumber: Gizchinailustrasi, sumber: Gizchina

Processor kelas menengah generasi mendatang  besutan MediaTek yakni MediaTek Helio P80 SoC, akan ditujukan untuk smartphone mid-range dan difokuskan pada peningkatan kinerja dalam berbagai tugas di smartphone yang  terkait dengan teknologi artificial intelligence ( AI).

MediaTek dilaporkan berencana untuk meluncurkan MediaTek Helio P80 SoC pada awal 2019 dan kabar  terbaru menyebutkan bahwa smartphone pertama yang akan menggunakan processor ini adalah Oppo R19 Pro.

Adapun MediaTek Helio P80 SoC akan didasarkan pada proses 12nm yang diproduksi oleh TSMC yang sama yang menggerakkan Helio P70 dan memiliki arsitektur ARM. Namun, MediaTek mengklaim bahwa MediaTek Helio P80 SoC  akan datang dengan berbagai  perbaikan signifikan dalam hal pemrosesan AI di smartphone generasi mendatang.

Sebenarnya kabar tersebut, awalnya muncul pada hari ketika Realme meluncurkan smartphone generasi terbarunya yang didukung oleh prosesor MediaTek  Helio P70. Menurut sebuah kabar yang dirilis dari  Taiwan Business Times chipset MediaTek  Helio P80 SoC yang merupakan generasi penerus dari Helio P70 akan dijalankan di  produk unggulan  yang akan diperkenalkan di paruh pertama tahun 2019. MediaTek juga mengatakan bahwa mereka  bekerja untuk menyempurnakan MediaTek Helio P80 SoC untuk meningkatkan kinerja prosesor, dan berupaya  untuk “mengamankan”  pesanan yang cukup untuk smartphone Oppo R19 Pro.

Ini ketiga kalinya kita  mendengar informasi  tentang MediaTek Helio P80 SoC, setelah  minggu lalu muncul bocoran skor AI Benchmark  dari chip Helio P80 SoC yang  muncul secara online. Dalam hasil benchmark tersebut, pengujian processor  Qualcomm Snapdragon 8150 menempati urutan teratas dengan skor 22,082, diikuti oleh Helio P80 SoC yang berhasil mencetak  skor 19,453 poin, dan processor Kirin 980 dengan perolehan skor  12,026.  

Tentu saja hasil benchmark ini sangat mengejutkan, mengingat   processor Qualcomm Snapdragon 8150 dan Kirin 980 adalah prosesor andalan yang ditujukan untuk smartphone premium. Sedangkan chipset MediaTek P80 SoC hanya ditujukan untuk ponsel mid-range, namun performanya tidak kalah dengan processor premium.

Bicara soal processor Seri-P besutan MediaTek, seri Helio P adalah salah satu processor andalan mereka, selain  rentang Helio X yang ditujukan  untuk smartphone premium. 


Chipset Helio P80 SoC dapat dianggap sebagai “langkah besar” MediaTek dengan memulai debutnya di peluncuran Oppo R19 Pro (yang akan menjadi generasi penerus smartphone Oppo R17), karena diprediksi dengan  skornya yang tinggi, performanya yang sangat bertenaga, bahwa setingkat dengan processor premium, maka MediaTek Helio P80 SoC kemungkinan akan dijalankan di banyak smartphone kelas menengah lainnya, setelah Oppo R19 Pro resmi diluncurkan ke publik. (*)

Sumber: 91mobiles