pulsa-logo

DJI Luncurkan Mavic 2 Enterprise, Bisa Zoom dan Pasang Asesoris Modular


Anwar Aburizal

Kamis, 29 November 2018 • 18:32

DJI, Mavic 2 Enterprise, M2E, Spotlight, Loudspeaker, Beacon, drone, tanpa awak, industrial.


DJI Enterprise dan Halo RoboticsDJI Enterprise dan Halo Robotics

DJI, pemimpin global dalam industri drone sipil dan teknologi pencitraan udara (aerial imaging), meluncurkan Mavic 2 Enterprise untuk pertama kalinya di Indonesia pada gelaran POWERMAX 2018, hari ini (29/11).

Berbeda dengan Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom yang menyasar pengguna fotografer dan videografer udara profesional serta content creator. Mavic 2 Enterprise membidik pengusaha, pemerintah, pendidik dan para profesional lainnya yang membutuhkan drone untuk mendukung pekerjaan mereka.

Mavic 2 Enterprise ini memiliki kemampuan 2x optical zoom dan 3x digital zoom yang mendukung kamera dengan resolusi 12MP yang distabilkan dengan gimbal 3 axis. Teknologi zoom ini meningkatkan kemampuan drone untuk mengidentifikasi dan memeriksa area yang berbahaya dan sulit di jangkau.

Yang paling menarik, Mavic 2 Enterprise memiliki kapabilitas untuk dipasangkan asesoris tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dalam peluncurannya, DJI memperkenalkan setidaknya 3 asesoris modular yang siap digunakan bersama Mavic 2 Enterprise ini.

M2E dan Asesoris ModularM2E dan Asesoris Modular

Yang pertama adalah M2E Spotlight atau senter ganda dengan kekuatan hingga 2400 Lumens yang berguna membantu operator dalam menjalankan misi di area minim cahaya. Asesoris satu ini ideal untuk pemantauan lapangan saat malam hari, inspeksi dan misi pencarian dan penyelamatan (Search dan Rescue).

M2E SpotlightM2E Spotlight


Asesoris berikutnya adalah M2E Speaker, sebuah loudspeaker yang memungkinkan pilot untuk merekam suara dengan durasi hingga 1 menit. Asesoris ini berfungsi untuk memberikan arahan atau instruksi kepada korban atau tim penyelamat yang berada di area yang sulit dijangkau.

M2E LoudspeakerM2E Loudspeaker

Yang terakhir adalah M2E Beacon, asesoris ini dirancang sesuai dengan standar Night Wover dari Federasi Administrasi Penerbangan Amerika (FAA). Dengan asesoris ini Mavic 2 Enterprise akan mengedipkan cahaya strobe yang terlihat hingga sejauh 5 KM. Dengan demikian drone bisa membantu melakukan misi dalam kondisi minim cahaya atau pada saat malam hari dengan jauh lebih aman, serta memberikan kesadaran ruang udara tambahan untuk operator drone serta pesawat atau helikopter terdekat.

Selain kemampuan zooming dan tambahan asesoris, Mavic 2 Enterprise memiliki segudang fitur unggulan diantaranya Password Protection, GPS Timestamping, DJI AirSense, waktu terbang hingga 31 menit, self heating battery (dengan ketahanan hingga suhu -10°C), FlightAutonomy, Advance Pilot Assistance System (APAS) dan sejumlah fitur lainnya.

Mavic 2 Enterprise akan dibanderol dengan kisaran harga Rp.40-55 juta, tergantung pada kelengkapan asesoris yang dibutuhkan dan bisa diperoleh melalui mitra resmi DJI Enterprise di Indonesia, Halo Robotics.