pulsa-logo

Hands-on: Mengulik Wiko Tommy 3 Plus, Ponsel Anyar Brand Prancis


Fauzi

Jum'at, 30 November 2018 • 21:53

Wiko,Wiko Tommy 3 Plus


Wiko Tommy 3 PlusWiko Tommy 3 Plus

Upaya Wiko dalam mengeksplor pasar Tanah Air terus dilakukan. Terbaru brand asal Prancis ini melepas produk baru bertajuk Wiko Tommy 3 Plus. Menyasar segmen pasar mid-low, Wiko Tommy 3 Plus dijual dengan harga Rp1.499.000. Sedikit gambaran tentang smartphone ini bisa dilihat pada ulasan berikut.

Desain

Kalau bicara smartphone kekinian, Wiko nampaknya sudah masuk ke dalam kategori itu. Ini lantaran dari sisi tampilan smartphone sudah dikemas dengan format memanjang dengan aspek rasio layar 18:9. Bodi Wiko Tommy 3 Plus dibalut dengan kombinasi panel layar 2.D di bagian depan dan panel belakang berbahan plastik yang dipoles sedemikian hingga membuat nampak kinclong layaknya cermin dan terasa cukup sleek.

Sementara bodinya yang memiliki dimensi 147,6 x 71,3 x 8,4 mm dan bobot 150 gram, membuat smartphone begitu kompak atau terasa pas di genggaman. Alih-alih mengadopsi desain unibody, ternyata panel belakang Wiko Tommy 3 Plus bisa dibuka/tutup untuk mengakses baterai dan slot kartu SIM/microSD.


Soal tata letak komponen, terlihat di area depan, selain panel layar, kita bisa menemui sejumlah komponen lain seperti lampu flash, receiver/earpiece, dan sensor kamera depan di atas layar smartphone. Sementara komponen lainnya, seperti tombol volume dan tombol power berada di ruas sisi bagian kanan. Port micro-USB terdapat di ruas bagian bawah, adapun jack audio 3.5 mm berada di ruas sisi bagian atas. Di bagian belakang, bisa kita temui adanya sensor kamera utama beserta LED flash, logo Wiko, dan lubang speaker di bagian bawahnya.

Display

Tommy 3 Plus dibekali layar berukuran 5.45 inci yang sudah menawarkan rasio 18:9 dengan resolusi layarnya sudah HD+ (1440 x 720 piksel). Alhasil layar smartphone ini mampu memancarkan konten dengan kepadatan 295 ppi.

Smartphone terbaru Wiko ini mengadopsi layar berteknologi IPS yang kelebihannya antara lain konten di layar masih bisa dilihat dengan baik ketika dipandang pada sudut tertentu. Sebagai alat input, layar Wiko Tommy 3 Plus sudah cukup memadai, baik dari sisi ketajaman maupun responsivitasnya. Untuk akses multi-touch berdasarkan pengujian layar smartphone bisa diakses sebanyak lima titik secara bersamaan.

Menariknya lagi, layar smartphone juga disajikan dengan sudut menumpul. Sehingga tampilan layar dan bodi smartphone terlihat cukup serasi.

Kamera

Di sektor fotografi, Wiko Tommy 3 Plus didukung kamera utama 13 MP lengkap dengan fitur Auto-Scene Detection serta Live Potrait Blur. Auto-Scene Detection secara otomatis akan mengatur setting kamera yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi saat pengguna mengambil foto, seperti Auto-HDR, Auto-Flash, dan Mode Malam. Pengguna tidak perlu mengubah setting kamera untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna. Live Potrait Blur juga telah dibenamkan di Tommy3 Plus, fitur ini dapat mengambil foto dengan background blur sehingga hasil foto lebih artistik.

Sementara untuk kamera depannya, smartphone ini sudah membenamkan sensor 5 MP yang juga disokong dengan lampu flash yang cukup membantu pengguna ketika ingin selfie di area minim cahaya.

Akses Internet Tanpa Kartu SIM dan Wifi

Ini merupakan salah satu keunggulan Tommy 3 Plus di mana perangkat dapat terhubung dengan internet tanpa perlu SIMcard dan WiFi. Hal itu  lantaran Tommy 3 Plus sudah dilengkapi dengan teknologi Virtual SIM Card. Teknologi virtual simcard ini hadir untuk memastikan jaringan internet yang terbaik dan stabil. Menggandeng Skyroam SIMO yang merupakan perusahaan solusi akses internet, memberikan akses internet berkecepatan tinggi dengan jaringan 4G yang stabil dimanapun lokasi pengguna berada bahkan hingga 130 negara di dunia.

Sebagai added value, pengguna Tommy 3 Series akan mendapatkan kuota data gratis dari Skyroam hingga 6GB dengan data plan sebesar 1GB selama 6 bulan. Meski sudah menyediakan layanan internet tanpa kartu, bukan berarti perangkat ini tidak dibekali dengan slot kartu SIMcard dan akses WiFi. Wiko Tommy 3 Series tetap menyematkan dua slot kartu SIM ditambah 1 slot kartu microSD.

Jeroan

Guna menopang kinerjanya, smartphone berbasis Android 8.1 Oreo ini didukung oleh prosesor quad-core 1.3 GHz Mediatek MT6739WA yang ditandem dengan GPU PowerVR Rogue GE8100. Sementara dari sisi memori, smartphone telah didukung dengan RAM 2GB dan memoti internal 16 GB yang bisa diperluas via kartu microSD up to 128 GB.

Beralih ke penyuplai daya, Wiko Tommy 3 Plus didukung dengan baterai 2900 mAh yang bisa dilepas.

Untuk mengetahui lebih dalam soal Wiko Tommy 3 Plus bisa dilihat di review-nya nanti. Jadi, tunggu saja. (Ozi)