pulsa-logo

Pengalaman Mencicipi Asus ROG Phone dan Aksesoris-Aksesoris Gaharnya


Arief Burhanuddin

Selasa, 04 Desember 2018 • 21:40

asus, rog, asus rog phone, spesifikasi asus rog phone, review asus rog phone, harga asus rog phone


ASUS ROG Phone (PULSA)ASUS ROG Phone (PULSA)

Jelang akhir tahun, ASUS rajin melesatkan ‘peluru-peluru’ terbaiknya guna membidik konsumen yang ingin berganti smartphone. Setelah memastikan bakal merilis Asus Zenfone Max Pro M2 dan Max M2 di 11 Desember nanti, ASUS juga mulai memperlihatkan Asus ROG Phone, smartphone dengan spesifikasi tinggi dan pendingin canggih yang disebut bakal menabuh perang baru di ranah smartphone gaming.

PULSA kali ini berkesempatan mencicipi smartphone gaming premium pertama milik ASUS ini. Selain menggandeng hardware papan atas, Asus ROG Phone juga dibekali beragam aksesoris dan juga software khusus demi menyuguhkan pengalaman yang optimal bagi gamers, termasuk saat memainkan game-game yang membutuhkan sumber daya tinggi.

Build Material

ASUS ROG Phone dibangun sebagai smartphone dengan materi perlindungan yang tangguh namun tetap stylish. Bagian depan dilapisi dengan 2.5D Corning Gorilla Glass 6 terbaru, sementara bagian belakang dilapis dengan 3D Corning Gorilla Glass. Selain itu bodinya juga memiliki teksture 3D dengan multilayer optical coating. Menurut Galip Fu, Marketing Manager ASUS Indonesia, sebelumnya ada 4 purwarupa yang diajukan oleh tim riset ASUS, namun yang terpilih adalah rancangan yang berjudul “Tactical Knife” seperti ROG Phone yang sekarang.

Hardware


Hasil benchmark dengan menggunakan aplikasi Antutu, GFXBench, dan 3DMark menunjukkan bahwa smartphone gaming ini memiliki performa di atas rata-rata. Hal ini tentu wajar karena ROG Phone menggunakan chipset Qualcomm 845 yang clock speednya lebih tinggi dari rerata Snapdragon 845 lainnya sebesar 2,96Mhz (Snapdragon 845 standar memiliki clock speed 2,8Mhz).

Sistem Pendingin

Mengingat ROG Phone memiliki kecepatan komputasi yang ekstrim, kinerjanya harus didampingi dengan sistem pendingin yang mumpuni. Untuk itu, ASUS telah menyiapkan teknologi yang disebut 3D Vapor-Chamber Cooling System yang terdiri dari 3 lapis pendingn berbahan carbon dan tembaga, serta satu ruangan khusus yang disebut 3D vapor-chamber cooling. ASUS sendiri mengklaim jika sistem ini mampu meningkatkan efisiensi pendinginan CPU hingga 60%.

Untuk menunjang kinerjanya, ROG Phone juga dilengkapi dengan RAM sebesar 6GB dan memori internal 512GB. Baterai dengan kapasitas 4000mAH disiapkan untuk menemani aktivitas sehari-hari baik saat bermain game atau melakukan aktivitas standar.

X Mode

Guna menunjang kemampuan gamingnya, ASUS menyertakan fitur X-Mode di ROG Phone. Fitur ini dapat mengoptimalkan game data processing, melegakan RAM dan membuatnya fokus saat menjalankan game, serta memaksimalkan sistem pendingin.

ROG Phone juga memiliki aplikasi game center dimana Anda dapat memantau performa smartphone dengan melihat status CPU, GPU, media penyimpanan, RAM, pendingin dan komponen lainnya.

Gaming

ROG Phone punya fitur unik yaitu Air Trigger dimana gamer seperti memiliki tombol tambahan di bagian kanan dan kiri atas (jika smartphone dipegang secara horizontal) layaknya sedang memainkan konsol game. Hal ini membuat penglihatan di layar tidak terganggu sehingga bermain game jadi lebih lancar.

Aksesori

Rencananya, ROG Phone akan dilengkapi dengan berbagai aksesori. Salah satunya adalah TwinView Dock yang menyerupai gamepad, namun memiliki layar di bagian bawah. Anda bisa meletakkan ROG Phone layaknya layar kedua di bagian atas dan melakukan aktivitas gaming seperti memegang gamestick. Selain itu TwinView Dock yang dilengkapi dengan empat speaker ini juga bisa digunakan untuk melakukan live streaming saat bermain game, menambahkan layar kedua, hingga mengaktifkan 2 game sekaligus dengan akun yang berbeda.

Aksesori lainnya adalah Mobile Desktop Dock dimana Anda bisa memainkan game ROG Phone di layar monitor, lengkap dengan mouse dan keyboard. Dock yang canggih ini sudah dilengkapi dengan port HDMI, port LAN, USB micro, USB tipe C, dan juga slot memori eksternal.

ROG Phone juga dilengkapi dengan casing yang futuristik. Tak hanya melindungi, casing ini juga memiliki sistem pendingin untuk membuang panas yang dihasilkan ROG Phone. Ada juga Aeroactive cooler, aksesori menyerupai sabuk yang berfungsi ganda sebagai pendingin dan juga port USB dan audio.

Dengan spesifikasi dan banyaknya aksesori ‘mewah’ yang menyertai ROG Phone, berapa kira-kira harganya? Anda tampaknya harus menunggu beberapa hari lagi hingga 11 Desember untuk mengetahuinya. Stay Tune!