pulsa-logo

Samsung Patenkan Baterai Elastis, untuk Smartphone Berlayar Fleksibel?


Nariswari

Rabu, 05 Desember 2018 • 16:44

samsung,smartphone lipat,layar fleksibel,baterai elastis


Foto: PhonearenaFoto: Phonearena

Samsung, yang merupakan salah satu perusahaan teknologi terdepan dalam produksi layar fleksibel, saat ini sedang bersiap untuk meluncurkan smartphone dengan desain layar yang dapat ditekuk di awal tahun depan. Namun di balik desain fleksibelnya yang sangat unik dan futuristik tersebut, tentu salah satu komponen yang menjadi fokus utama adalah baterai.

Seperti apa bentuk baterai yang akan disematkan di smartphone berlayar fleksibel tersebut? Karena tentunya desain layar fleksibel akan memiliki desain dan ruang yang berbeda dengan smartphone konvensional pada umumnya. Apakah kemudian desain tersebut akan mendorong desain baterai lain, yang juga akan didesain memiliki konsep baterai yang bisa diregangkan juga?

Sejauh ini, Samsung belum banyak memberikan informasi apapun terkait hal tersebut. Namun  dari semakin banyaknya bocoran informasi dan konsep yang muncul di online terkait smartphone berlayar fleksibel  Samsung, tentu ini melahirkan prediksi tertentu tentang komponen baterai yang menggerakkan smartphone tersebut. Dan ini diperkuat oleh bocoran informasi terbaru berupa paten yang diberikan ke Samsung  yang enyangkut komponen baterai yang persis seperti itu.

Dalam paten tersebut, menggambarkan unit baterai mengalami  semacam “pergeseran bentuk”  yang terdiri dari "kantong" yang berisi penghalang logam dan elektroda yang diperlukan untuk mengaliri listrik. Desain ini semuanya memiliki bentuk unik yang agak  "bergelombang" dan dengan jelas memperlihatkan bahwa  baterai ini sepertinya telah disiapkan untuk melakukan peregangan tanpa putus. Termasuk ditekuk dan dibengkokkan.

Pada pameran InterBattery di Korea beberapa tahun yang lalu, Samsung pernah  menunjukkan kepada publik sebuah konsep komponen baterai  fleksibel yang dapat digulung, ditekuk, dan bisa digerakkan. Prototipe baterai fleksibel ini  dipamerkan  terlihat lebih mirip dengan sedotan karet daripada lempengan datar yang biasa kita lihat pada baterai smartphone biasa. Namun saat itu, belum ada kejelasan apakah Samsung akan menggunakan komponen baterai tersebut untuk perangkat apa.

Pada saat itu, Samsung SDI mengklaim bahwa baterai fleksibel akan siap untuk diproduksi massal dalam beberapa tahun kemudian, dan era itu sudah tiba di tahun ini. Belum jelas apakah ada kaitannya antara paten terbaru ini dengan prototipe baterai fleksibel yang dipamerkan beberapa tahun yang lalau tersebut. Namun yang jelas, dengan beredarnya  bocoran paten ini, ini adalah isyarat  bahwa Samsung bersiap untuk memproduksi komponen baterai fleksibel  secara komersial.

Dengan terciptanya komponen baterai  fleksibel, maka  teknologi ini juga  akan memungkinkan charger portabel yang lebih mudah dibawa, penciptaan  desain smartphone yang lebih eksotis dan lebih kreatif, dan lebih banyak eksplorasi desain pada smartphone. (*)


Sumber: Freepatensonline via Phonearena