pulsa-logo

Huawei Siapkan Smartphone Berkamera 3D, Akan Rilis Bulan Ini?


Nariswari

Kamis, 06 Desember 2018 • 12:50

Huawei,Kamera 3D


Ilustrasi: Ponsel HuaweiIlustrasi: Ponsel Huawei

Raksasa teknologi asal Cina, Huawei, saat ini dikabarkan sedang mengembangkan smartphone yang akan dilengkapi dengan lensa kamera 3D ToF untuk menangkap model tiga dimensi (3D) dari berbagai objek di sekitarnya.

Huawei sedang mengerjakan smartphone terbaru dengan fitur kamera canggih  yang mampu menangkap gambar  tiga dimensi (3D ToF). Handset ini memiliki code name 'Princeton' dan diperkirakan akan diluncurkan sebelum tahun baru (akhir Desember 2018) dan mulai dijual dalam beberapa minggu ke depan.

Kabar sebelumnya menyebutkan bahwa Huawei telah menjadwalkan sebuah  acara peluncuran perangkat terbaru pada tanggal 17 Desember 2018 di Cina. Akan tetapi, masih belum jelas apakah di tanggal tersebut Huawei akan meluncurkan smartphone berkamera 3D ToF dimaksud.

Menurut sebuah informasi lansiran Bloomberg yang mengutip keterangan dari beberapa orang yang mengetahui tentang rencana Huawei tersebut, dikatakan bahwa smartphone misterius tersebut akan menggunakan lensa Time-of-Field (ToF) yang dapat menghasilkan model kamera 3D.

Kamera 3D ini akan secara cerdas menangkap gambar di sekitar lingkungan Anda  secara real time sehingga pengguna dapat membaginya dengan orang lain dengan mudah. Teknologi ini menggunakan sensor yang dikembangkan oleh Sony Corp, dan secara akurat dapat mengukur jarak dengan memantulkan cahaya dari permukaan lensa kamera untuk mengidentifikasi objek secara akurat dan detail.

Sebelumnya, kita pernah melihat sensor 3D di kamera yang digunakan secara luas oleh OEM - seperti Apple. Apple menggunakan sensor kamera 3D di bagian kamera depan untuk membantu fitur pengenalan wajah yang akurat, tetapi sensor 3D ini berfungsi paling baik pada jarak yang lebih pendek.

Nah, bedanya dengan kamera 3D ToF (Time-of-Field) besutan Sony ini adalah dapat menangkap detail gambar pada jarak yang lebih jauh. Sony pernah merilis sebuah smartphone premium, Xperia XZ1 yang memungkinkan pengguna mengambil gambar dan objek dengan model kamera 3D. Akan tetapi, teknologi itu tidak didukung oleh sensor ToF yang baru dikembangkan oleh Sony tersebut.


Hebatnya lagi, selain menghasilkan gambar yang dapat dilihat dari berbagai sudut, kamera baru Huawei ini dapat membuat model gambar 3D dari orang dan objek yang dapat digunakan oleh aplikasi augmented-reality (AR).

Jadi, smartphone Huawei berkamera 3D ToF ini  akan dilengkapi dengan beragam aplikasi kamera baru dan tentunya akan terbuka bagi pengembang aplikasi untuk menambahkan fitur, aplikasi, dan game-game baru yang dapat kompatibel dengan teknologi 3D ToF. (Naris/Ozi)

(Sumber)

    2018-12-14 08:33:06


    Ponsel 5G di 2019?