pulsa-logo

Ini Dia 6 Fitur Andalan Nokia 8.1 Plus


Deni Hardian

Kamis, 06 Desember 2018 • 17:25


Nokia 8.1 Plus (HMD Global)Nokia 8.1 Plus (HMD Global)

HMD Global akhirnya resmi merilis smartphone mid-end terbarunya yang bertajuk Nokia 8.1 Plus. Smartphone yang kabarnya merupakan versi global dari Nokia X7 yang edar di China ini tak hanya memiliki kemiripan dari sisi desain dan tampilan, tapi juga spesifikasi serta fitur yang ditanamkan.

Bedanya, cuma di kapasitas memory internal dan RAM yang ditanamkan. Kira-kira, apa saja sih fitur jagoan yang ditawarkan Nokia 8.1 Plus? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kamera

Nokia 8.1 Plus dikemas dengan dual-camera belakang 12 MP + 13MP ada embel-embel ZEISS. Kamera belakang Nokia X7 memiliki aperture f/1.8 dengan ukuran piksel 1.4 mikron. Selain itu, kamera utama yang tertanam di bagian belakang juga sudah dibekali dengan teknologi dual-pixel PDAF yang memberikan kemampuan untuk mendapatkan fokus yang jauh lebih cepat. Apiknya lagi, Optical Image Stabilization (OIS) juga hadir di kamera utama ini yang memberikan kualitas foto yang jauh lebih baik meskipun terjadi goncangan saat melakukan pengambilan gambar. Fitur tambahan yang juga menemani di kamera utama pada bagian belakang Nokia 8.1 Plus ini adalah Super-sensitive sensor.

Sementara untuk kamera depannya smartphone ini memiliki resolusi 20 MP dengan aperture f/2.0 dengan ukuran pixel 1.8 mikron. Berbekal teknologi AI, smartphone in bisa mendeteksi pengambilan gambar dengan 18 situasi yang berbeda. Tak hanya itu, berkat dukungan AI yang tertanam, Nokia 8.1 Plus memiliki tambahan fitur studio-style lighting dan live bokeh.

Satu hal yang menarik dari kamera yang tertanam pada Nokia 8.1 Plus adalah hadirnya fitur Dual-sight, fitur yang memulai debutnya di Nokia 6.1 Plus ini hadir dengan kemampuan yang lebih mumpuni dengan tambahan efek yang menggoda.

2. Layar PureView Display


Dari sisi layar, Nokia 8.1 Plus datang mengusung layar berukuran 6.18 inci dengan notch di atasnya. Resolusi layarnya 2246 x 1080 piksel dengan aspek rasio 18,7:9. Secara keseluruhan smartphone memiliki rasio layar ke bodi hingga 86,5%. Tak Cuma itu, layar Nokia X7 juga sudah mendukung teknologi HDR. Dibekali dengan fitur Super Viewing, memberikan kemampuan untuk mendapatkan tampilan dengan sudut yang lebih luas. Asiknya lagi, HMD juga menambahkan fitur PureDisplay dimana fitur ini memberikan jaminan kualitas layar saat digunakan dalam berbagai kondisi pencahayaan dengan detail dan akurasi warna yang sangat baik. Fitur ini hadir karena dukungan teknologi HDR10 yang memiliki 96% color gamut dan rasio kontras mencapai 1:1500. Sebagai tambahan HMD Global juga menyematkan fitur Adaptive Brightness yang hanya tersedia pada Android 9 Pie yang memberikan tingkat kecerahan otomatis.

3. Desain

Tak hanya kamera dan layar yang memiliki kualitas yang mumpuni, tampilan desain yang ditawarkan 8.1 Plus juga terbilang sangat menarik. Perangkat ini sudah dibekali dengan bingkai metal dual-tone anodize yang memberikan ketahanan yang sangat baik. Menariknya lagi, desain yang tertanam pada Nokia 8.1 Plus juga memiliki tingkat presisi yang sangat tinggi yang memberikan tampilan yang premium yang membuatnya menawan.

4. Performa

Sebagai smartphone yang ditujukan untuk pengguna kelas menengah atas, HMD Global sangat serius dalam menggarap perangkat ini. Sebagai bukti, Nokia 8.1 Plus sudah dibekali dengan prosesor kelas menengah besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 710 dengan kecepatan 2.2 GHz. Seperti diketahui, prosesor ini masih sangat digunakan oleh vendor smartphone lainnya. Untuk memaksimalkan kinerjanya, Nokia 8.1 Plus juga sudah dibekali dengan RAM sebesar 4GB dan memory internal sebesar 64GB. Sayangnya, untuk menambah daya simpan file perangkat, HMD tidak menyematkan slot kartu microSD secara terpisah namun membaginya dengan slot kartu SIM 2.

Untuk memanjakan penggunanya, Nokia 8.1 Plus sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 3500 mAh yang diklaim dapat digunakan hingga 2 hari penggunaan. Selain itu, fitur pengisian baterai cepat sudah disematkan pada smartphone ini dengan kecepatan 2A/9V (18W).

5. Android 9 Pie (Android One)

Android 9 Pie memberikan pengalaman baru bagi pengguna smartphone, OS Android versi terbaru ini membawa kecerdasan buatan untuk mendukung aktivitas penggunanya sehari-hari. Tak hanya itu, OS Android ini juga bisa menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna mulai dari aktivitas kerja dan yang lainnya. Tampilannya pun kini menjadi lebih fresh dan dinamis dengan interface yang semakin ditingkatkan. Nilai tambahnya, konsumen akan mendapatkan update OS secara berkala hingga 2 tahun kedepan.

6. Koneksi Lengkap

Fasilitas koneksi menjadi salah satu pilar penting dalam sebuah perangkat smartphone, HMD Global membekali perangkat ini dengan fasilitas konektivitas yang sangat lengkap mulai dari Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, NFC, USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, dan USB On-The-Go.