pulsa-logo

Ini Dia Fitur Penting Snapdragon 855


PULSA

Kamis, 06 Desember 2018 • 17:43

qualcomm,snapdragon,snapdragon 855,fitur snapdragon 855


sumber: PRsumber: PR

Qualcomm akhirnya resmi merilis chipset mobil terbarunya Snapdragon 855. Meski sedikit terambat ketimbang pesaingnya yakni Kiri 980 yang sama-sama menggunakan proses produksi 7nm, tapi Snapdragon 855 punya beberapa fitur yang tak kalah menarik.

Snapdragon 855 diklaim sebagai chipset mobile komersil pertama komersial di dunia yang secara kolektif mendukung 5G multi-gigabit. Snapdragon 855 menjanjikan pengalaman transformative 5G berbekal modem 5G X50. Selain itu koneksi 4G juga tetap maksimal lewat dukungan modem LTE Snapdragon X24.

Begitu juga dengan koneksi WiFi. Snapdragon 855 menawarkan performa terbaik dari Wi-Fi generasi selanjutnya berkat Wi-Fi 6-ready mobile platform, termasuk fitur canggih seperti 8x8 sounding untuk mendukung lebih banyak perangkat secara lebih efisien. Ada juga mmWave Wi-Fi yang menggunakan 60 GHz Wi-Fi Mobile Platform Qualcomm.

Platform ini berdasar pada 802.11ay, yang pertama di industri ini yang dapat meningkatkan kecepatan Wi-Fi hingga 10Gbps dan membawa latensi rendah layaknya koneksi menggunakan kabel. Snapdragon 855 juga meningkatkan dukungannya untuk teknologi Qualcomm TrueWireless™ Stereo Plus sehingga dapat memenuhi tuntutan yang terus berkembang di pasar headset dan hearable untuk perangkat nirkabel.

Soal kinerja, Snapdragon 855 didukung oleh CPU Kryo 485, yang diklaim memiliki peningkatan kinerja hingga 45% dibanding platform generasi sebelumnya. Sementara GPU Adreno 640 terbaru memberikan hingga 20% grafis yang lebih cepat. Pengalaman gaming menggunakan grafis Adreno akan mencapai level baru dalam mewujudkan realita permainan melalui dukungan Vulkan 1.1, high dynamic range (HDR), dan physically based rendering (PBR).

Diagram Snapdragon 855, sumber: PRDiagram Snapdragon 855, sumber: PR

Teknologi AI pada Snapdragon 855 ditopang oleh generasi keempat multi-core AI Engine yang menawarkan kapasitas total hingga lebih dari 7 trillion operations per second1 (7 TOPs) dan 3x performa AI dibanding generasi sebelumnya. Qualcomm® Hexagon™ 690 Processor terbaru termasuk Hexagon Tensor Accelerator (HTA) dan empat Hexagon Vector eXtensions (HVX) dengan desain terbaru, memiliki dua kali jumlah vector processing dari generasi flagship sebelumnya, juga empat scalar threads, yang mana keseluruhannya memberikan kombinasi tangguh untuk akselerasi AI khusus dan dapat diprogram.


Peningkatan perangkat keras juga terjadi di GPU Adreno yang menampung lebih dari 50% arithmetic logic units 2 dan di CPU Kryo 485 dengan penambahan instruksi baru untuk lebih jauh mengingkatkan kecepatan performa AI.

Untuk fitur kamera, Snapdragon 855 dibekali Qualcomm Spectra380 ISP terbaru yang menggabungkan beragam akselerasi perangkat keras dari kapabilitas computer vision (CV), yang termasuk dalam CV-ISP ini adalah depth sensing berbasis perangkat keras yang mampu mengambil video, klasifikasi objek, dan segementasi objek di saat yang bersamaan dalam resolusi 4K HDR pada 60fps. Ini berarti pengguna dapat merekam video dan di saat yang bersamaan juga mengganti satu objek tertentu ataupun latar belakang di dalam video secara real time dengan resolusi 4K HDR dan pilihan lebih dari 1 miliar warna.

Selain itu, Qualcomm Spectra 380 ISP terbaru merupakan ISP pertama yang mendukung perekaman video menggunakan HDR 10+ sehingga lebih dari 1 miliar warna dengan kontras yang eksepsional dan visual yang brilian dapat ditangkap.

Terakhir, untuk menyimpan konten-konten idaman ini, Snapdragon 855 menambah akselerasi perangkat keras untuk format file encoding HEIF sehingga mengurangi ukuran file hingga 50% untuk menyimpan dan membagian konten secara lebih efisien. (*)

Sumber: PR