pulsa-logo

Januari, Xiaomi Dikabarkan akan Merilis Smartphone Berkamera 48MP


Nariswari

Kamis, 06 Desember 2018 • 17:54

Januari, Xiaomi Dikabarkan akan Merilis Smartphone Berkamera 48MP


ilustrasi, foto: PULSAilustrasi, foto: PULSA

Xiaomi tampaknya ingin membuat sebuah gebrakan besar di tahun depan, melalui inovasi baru di smartphone berfitur kamera canggih. Seperti dilansir Gizchina, hal ini diungkapkan oleh Lin Bin (President Xiaomi) kemarin (5/12) melalui postingannya di Weibo  yang secara terbuka mengatakan bahwa Xiaomi akan merilis smartphone generasi terbaru dengan kamera beresolusi jumbo yakni 48MP.

Lin Bin juga secara spesifik membocorkan tentang waktu rilis smartphone tersebut, dengan menyebutkan bahwa smartphone ini akan memulai debutnya pada bukan Januari tahun depan. Dalam postingannya tersebut, Lin Bin juga memberikan tambahan gambar ilustrasi smartphone dengan kamera yang bertuliskan “48MP”.

Setelah muncul  postingan Weibo tersebut, selanjutnya MIUI secara resmi menambahkan bahwa smartphone berkamera 48MP ini dilengkapi dengan sistem perangkat lunak MIUI 10.

Lin Bin menyiratkan bahwa ponsel ini hadir dengan departemen kamera yang mendapatkan berbagai  peningkatan fitur dari apa yang pernah disuguhkan di Xiaomi Mi MIX 3. Dari bocoran gambar di online, smartphone unggulan Xiaomi terbaru tersebut akan hadir dengan pengaturan kamera yang disusun secara vertical. Bonya dibangun dengan bahan kaca yang solid, tombol volume yang terintegrasi, dan dual color temperature flash.

Nampak dengan jalas, bahwa ini bukan setup kamera tunggal. Sehingga diprediksi ada sensor kamera lainnya, selain kamera beresolusi 48MP tersebut. Berkaitan dengan modul kamera 48MP, menggunakan modul kamera CMOS  yang telah dirilis secara publik (terutama mencakup Sony IMX586 dan Samsung ISOCELL Plus GM1). Spesifikasi IMX586 termasuk sensor 1/2-inci, 0,8μm per piksel, dukungan untuk sintesis kamera empat-piksel, dan dukungan video hingga 4K 90FPS. Samsung GM1 juga dilengkapi dengan unit 0.8μm dan mendukung sintesis empat-piksel. Kepekaannya setara dengan piksel 12MP dan ukuran piksel tunggal 1,6μm.

Namun, kemungkinan besar modul yang memang akan digunakan di smartphone Xiaomi ini adalah IMX586. Karena modul kamera ini telah dikirimkan sejak September sementara Samsung GM1 saat ini masih dalam  tahap produksi massal.

Selain itu, ada rumor yang menyebutkan bahwa Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone pertama yang dijadwalkan akan menggunakan chipset Snapdragon 855 (yang dibangun pada proses 7nm) yang akan memulai debutnya pada Januari 2019.  Akan tetapi tidak jelas apakah smartphone berkamera 48MP  inilah yang bakalan menggunakan chipset Snapdragon 855 atau smartphone Xiaomi lainnya. (*)


Sumber: Gizchina