pulsa-logo

Petinggi Sekaligus Putri Pendiri Huawei Ditahan di Kanada, Kenapa?


Fauzi

Jum'at, 07 Desember 2018 • 14:26

Petinggi Sekaligus Putri Pendiri Huawei Ditahan di Kanada, Kenapa?


IlustrasiIlustrasi

Seorang petinggi Huawei, Sabrina Meng Wanzhou ditahan oleh otoritas Kanada baru-baru ini. Sabrina yang menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) dan juga putri dari pendiri Huawei ini ditangkap pada 1 Desember lalu karena dicurigai melanggar sanksi perdagangan Amerika Serikat (AS) terhadap Iran.

“Wanzhou Meng ditangkap di Vancouver pada 1 Desember. Dia ditangkap untuk diekstradisi oleh AS, dan pemeriksaan telah ditetapkan pada hari Jumat,” kata Ian McLeod, seorang jurubicara dari Departmen Kehakiman Kanada, seperti dikutip PULSA dari South China Morning Post.

Lebih lanjut McLeod mengatakan bahwa dikarenakan ada larangan publikasi yang berlaku, pihaknya tidak dapat memberikan detil lebih lanjut pada saat ini.

Sementara di sisi lain, terkait penangkapan ini, pihak otoritas Cina meminta AS dan Kanada untuk mengklarifikasi mengapa Ottawa menahan Sabrina Meng Wanzhou atas permintaan AS.

Juru bicara kementerian luar negeri Cina, Geng Shuang mengatakan bahwa pihak berwenang AS dan Kanada belum memberikan alasan mereka soal penangkapakan Meng, yang merupakan slaah satu dari deputi dan putri dari pendiri dan chief executive Huawei, Ren Zhengfei.

Imbas dari penangkapan ini, menimbulkan banyak keraguan perihal ‘gencatan senjata’ 90 hari perang dagang Cina-AS pada 1 Desember, hari di mana Meng ditahan. Selain saham Cina, Hongkong juga disebut terkena imbas di tengah kekhawatiran tentang hubungan AS-Cina pasca penangkakan CFO Huawei tersebut. (Ozi)

Sumber: SCMP