pulsa-logo

Qualcomm Luncurkan Chipset PC Terbaru Snapdragon 8cx


Nariswari

Jum'at, 07 Desember 2018 • 17:03

Qualcomm Luncurkan Chipset PC Terbaru Snapdragon 8cx


Snapdragon 8cx, Foto: QualcommSnapdragon 8cx, Foto: Qualcomm

Pada event KTT Snapdragon yang berlangsung sejak (5/12) di Hawaii, Qualcomm juga mengenalkan chipset generasi terbaru untuk PC berbasis Windows 10 yakni Snapdragon 8cx. Processor ini adalah penerus Snapdragon 850, tapi dengan arsitektur yang sama sekali berbeda.

Jika Snapdragon 850 adalah processor yang merupakan pengembangan dari Snapdragon 845 yang telah dimodifikasi sedemikian rupa yang ditujukan untuk perangkat mobile, maka Snapdragon 8cx adalah processor Qualcomm pertama dari jenis SoC yang dibangun khusus untuk PC Windows 10 yang berspesifikasi dari low-entry hingga premium.

Qualcomm mengatakan bahwa mereka mengemas kinerja Snapdragon 8cx  dua kali dari  kinerja Snapdragon 850, yang mengutip bahasa Reddit, ini adalah  kinerja yang mantap. Hal tersebut dimungkinkan  karena Qualcomm mengatakan kinerja Snapdragon 8cx  ketika menjalankan aplikasi Windows ARM asli harus menyaingi CPU Intel Core i5 U-series.

Snapdragon 850 mengalahkan Core i5-6300U dalam skor benchmark multi-core dan hanya sedikit tertinggal dalam skor single-core, jadi  cukup jelas  bahwa Snapdragon 8cx  sebanding dengan generasi gen Core i5 8th generasi saat ini. Snapdragon 8cx disandingkan dengan penggunaan kartu grafis  GPU Adreno 680  yang akan menangani layar 4K HDR ganda, dan akan memiliki akselerasi perangkat keras untuk pemutaran video HDR 4K di 120fps.

Arsitektur Snapdragon 8cx dibangun dengan inti CPU Kryo 495, dan dukungan  modem X24 Cat.20 LTE yang terintegrasi dengan kecepatan pengunduhan tercepat untuk upload 2Gbps dan  download 316Mbps. Snapdragon 8cx juga mendukung konektivitas Bluetooth 5.0, Quick Charge 4+. Dan Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 8cx  adalah processor Snapdragon tercepat yang perna ada untuk laptop / 2-in-1. Qualcomm juga menjanjikan masa pakai baterai di laptop jadi  jauh lebih awet jika menjalankan Snapdragon 8cx.

Selain itu, Snapdragon 8cx  menjadi Snapdragon pertama yang menerima sertifikasi untuk Windows 10 Enterprise, yang sangat penting untuk diadopsi oleh para pebisnis yang mungkin tertarik dengan platform PC yang selalu terhubung/ terkoneksi.

Lalu apa makna nama "cx" pada Snapdragon 8cx ?


Tampaknya embel-embel “cx” adalah  merupakan singkatan dari "compute" dan "extreme", untuk menampilkan  pemahaman konsumen yang lebih jauh lagi tentang kinerja processor yang sangat kuat yang dihadirkan oleh Snapdragon 8cx  di perangkat laptop Windows 10, dan sekaligus  Qualcomm menyebutnya sebagai “iterasi paling radikal” dari SoC yang pernah dibuat oleh Qualcomm.

Processor iIni dibuat pada proses 7nm dan  disebutkan bahwa pengiriman  komponen Snapdragon 8cx  akan dilakukan sekitar kuartal ketiga tahun depan. (*)

Sumber: GSMArena