pulsa-logo

Hands-on: Realme U1, Ponsel Baru Realme yang Jago Selfie


Fauzi

Selasa, 11 Desember 2018 • 15:06

Realme,Realme U1


Realme U1Realme U1

Bertempat di Ciputra Artprenneur, Lotte Avenue Satrio, Jakarta, Realme secara resmi meluncurkan jagoan barunya, Realme U1, untuk pasar Tanah Air. Smartphone pertama di dunia pengusung chipset terbaru MediaTek Helio P70 ini juga dibekali fitur apik di sektor fotografi, lewat kamera depan 25 MP SelfiePro yang disematkannya.

Di Indonesia Realme U1 dijual dengan harga Rp2.499.000 untuk versi RAM 3/32 GB. Adapun untuk versi RAM 4GB/64 GB dilepas Rp2.899.000. Beruntung, di meja redaksi sudah kita dapati unit dari Realme U1. Sekedar berbagi, berikut icip-icip PULSA untuk smartphone yang punya keunggulan, salah satunya di alat bidik selfie-nya ini.

Desain

Dilihat dari tampilan bodi, Realme U1 nampak mirip seperti Realme 2 Pro. Smartphone masih tetap mengusung layar penuh dengan notch dewdrop di atasnya. Realme U1 menyuguhkan layar berukuran 6.3 inci dengan resolusi FHD+.

Berkat rasio layarnya yang sudah 19,5:9, meski layarnya smartphone tergolong bongsor, namun ukuran bodinya masih relatif ramping atau setara dengan ponsel berlayar 5.5 inci dengan rasio standar (16:9). Sekedar diketahui, bodi Realme U1 memiliki dimensi 157 x 74 x 8 mm dan berat 168 gram. Sementara bentang layarnya memiliki rasio ke bodi cukup tinggi hingga mencapai 90,8%.

Realme U1 diracik dengan desain belakang yang unik, yang membuatnya tidak hanya enak digenggam tapi juga apik dari sisi visual. Untuk menghasilkan efek light pillar ini, injection molding dilakukan berulang kali, dan 13 lapis laminasi level mikro dibuat dengan proses yang tidak sederhana. Setiap lapis dipanaskan dengan temperature tinggi untuk menyatukannya secara atomik. Light pillar cover ini membawa kesan transparan, trendi, dengan kualitas yang tinggi. Sementara desain 2.5D curved glass disatukan dengan sangat presisi memberikan kenyamanan untuk digenggam.

Menyoal tata letak komponen di area luar. Seperti terlihat, di area muka smartphone, selain layar kita bisa menemui adanya sensor kamera depan, sensor proximity, dan juga lubang speaker (receiver). Menyisir area ruas sisi, pada ruas sebelah kanan terlihat ada tombol power, sementara di ruas sebaliknya (kiri) kita temui adanya tombol volume beserta slot SIM dan microSD. Bila pada ruas sisi bagian atas nampak tak ditemui adanya komponen apa pun, tapi di ruas sisi bagaian bawah, berturut-turut dari kiri ke kanan bisa ditemui adanya lubang speaker, port microUSB, lubang microphone, dan audio jack 3.5 mm.


Display

Mengikuti para pendahulu, Realme U1 juga datang dengan layar ekstra lapang di mana memiliki diagonal di atas 6 inci. Persisnya, smartphone ini diracik dengan layar 6.3 inci beresolusi (2340 x 1080 piksel) atau Full HD+. Dari sisi kepadatan, smartphone disebut bisa menyajikan konten dengan 409 ppi. Sementara tingkat kecerahan layar disebut mencapai 450 nit dengan contrast ratio 1500:1. 

Sebagaiman telah disebut Realme U1 telah mengusung konsep layar penuh dengan notch dewdrop di atasnya. Menariknya lagi, layar smartphone juga sudah dilindungi dengan lapisan antigores Corning Gorilla Glass.

Suguhan layar yang luas, pengalaman yang diberikan Realme U1 seperti untuk menonton, main game, browsing, dan lain-lain menjadi lebih baik. Sementara kalau dari sisi kinerja layarnya sebagai alat input, Realme U1 juga cukup apik dan sudah mendukung akses multi-touch, di mana bisa diakses hingga 10 titik secara bersamaan.

OS & Antarmuka

Dalam urusan software, antara Realme U1 dan Realme 2 Pro ternyata tak jauh berbeda. Seperti diketahui Realme 2 Pro datang mengusung Android 8.1 Oreo yang telah dipermanis dengan ColorOS 5.2. Hal yang sama juga dibenamkan pada Realme U1.

Berbekal ColorOS 5.2 pengoperasian smartphone menjadi lebih mudah dan simpel. Hal itu lantaran semua ikon menu sudah tersaji di homescreen. Tidak hanya itu, dari sisi fitur, smartphone juga relatif melimpah. Beberapa fitur bermanfaat yang dibawa di antaranya Easy screenshot, Clone phone, Clone apps, Smart play, Optimized screen recording, Custom timer, Super cleaning, Game Space, dan sebagainya.

Sementara dari sisi keamanan di smartphone juga telah tertanam, fitur antara lain ColorOS safety patch update, Privacy Password, Facial Unlock, dan SmartLock. Fasilitas lain yang juga bermanfaat bagi pengguna seperti Smart Driving, AI Board, dan Google Assistant juga telah disertakan di Realme U1.

Kamera

Seolah tak ingin setengah-setengah, untuk memanjakan pengguna yang suka berfoto ria via smartphone, Realme U1 dibekali fitur dual-camera belakang berkonfigurasi 13MP+2MP. Dengan kamera sekunder berfungsi untuk mengukur jarak spasial pada objek dalam mode portrait. Efek pencahayaan mode portrait: Gunakan depth-of-field untuk menghaluskan dan AI Beautify dalam ruang 3D, membentuk gaya potret cahaya eksklusif. Dengan pilihan natural light, film light, tone light, edge light and bi-color light, memberikan pengalaman pengguna yang berbeda untuk mengambil foto portrait.

Sementara sejumlah fasilitas lain, seperti AI scene recognition yang cerdas, mode slo-mo, pro mode juga ikut disertakan di aplikasi kamera smartphone ini.

Beralih ke kamera depan. Nah di sini salah satu kelebihan Realme U1 berada. Yup, kamera selfie smartphone ini memiliki resolusi 25MP dan diklaim mampu mengambil foto selfie dengan kontrol noise dan color recovery yang lebih baik membuat setiap detail foto selfie akan terlihat mengesankan. Saat berfoto di tempat dengan kondisi low-light, 4-in-1 pixel synthesis technology dapat memberikan sensitivitas cahaya setara 1.8um dan secara signifikan meningkatkan cahaya yang efektif, memastikan kualitas gambar yang terang dan stabil.

Jeroan

Realme U1 ditenagai oleh octa-core MediaTek Helio P70 yang memiliki konfigurasi Cortex-A53 quad-cores dan Cortex-A73 quad-cores. Chipset Helio P70 dibuat dengan proses fabrikasi 12nm yang diklaim mampu mengurangi konsumsi daya hingga 15%. Sementara untuk menyokong kinerja grafis, smartphone ini ditenagai dengan GPU ARM Mali-G72. Dengan performa yang tinggi, ponsel ini dapat bekerja dengan sangat efisien dan sangat mulus di mana 13% lebih efisien daripada Helio P60.

Berdasarkan besaran RAM dan memori internalnya Realme U1 ditawarkan dalam dua versi berbeda, yakni versi RAM 3GB/32 GB dan RAM 4GB/64GB. Adapun untuk versi yang PULSA jajal ini, merupakan Realme U1 dengan kapasitas RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Beralih ke sektor penyuplai daya, Realme U1 telah menggendong baterai berkapatasi 3500 mAh.

Dikombinasikan dengan CorePilot 4.0 yang dibawa oleh Helio P70 membuat smarpthone dapat mengontrol konsumsi daya dan fitur AI. Alhasil baterai Realme U1 diklaim dapat bertahan tanpa pengisian ulang saat digunakan sepanjang hari. Semenara Intelligent task scheduling system dapat mengatur strategi penghematan daya dengan mengurangi konsumsi daya yang tidak penting, tanpa mengurangi fungsi ponsel.

Mau tahu tenteng Realme U1 lebih detil lagi, tunggu saja Review-nya nanti. (Ozi)