pulsa-logo

Tokopedia Dapat Dana Segar Rp15 Triliun Lebih dari Alibaba dan Softbank


PULSA

Rabu, 12 Desember 2018 • 12:35

tokopedia,harbolnas,ecommerse,toko online,pemilik tokopedia


ilustrasiilustrasi

Perusahaan e-commerce Indonesia Tokopedia dilaporkan telah memperoleh 1,1 milyar dolar AS atau sekitar Rp15 triliun lebih dalam putaran pendanaan terbaru yang dipimpin oleh raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba Group Holding Ltd dan SoftBank Group Corp Jepang.

Investasi serupa ini pernah dilakukan pada 2017 lalu dan juga dipimpin oleh Alibaba, yang telah berkembang pesat ke Asia Tenggara di tengah perlambatan pertumbuhan di pasar e-commerce Cina.

Seperti dikutip PULSA dari Reuters, Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk berinvestasi dalam teknologi dan infrastruktur, juga terus fokus pada pasar Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Investasi ini akan membantu "memperluas skala dan jangkauan Tokopedia" selain meningkatkan efisiensi operasionalnya, kata CEO dan salah satu pendiri Toko, William Tanuwijaya dalam sebuah pernyataan.

Pendanaan terbaru meningkatkan pangsa Alibaba dari pasar e-commerce Indonesia yang tumbuh cepat. Alibaba juga pemilik mayoritas Lazada, yang merupakan pesaing utama Tokopedia di pasar.

Pertarungan Alibaba dan JD.com, akan semakin sengt di Indonesia, sementara JD telah banyak berinvestasi dalam membangun jaringan logistik di Indonesia. (*)

Sumber: Reuters