pulsa-logo

Samsung Tutup Pabriknya di Cina


PULSA

Kamis, 13 Desember 2018 • 09:07

samsung,samsung di cina,pabrik samsung,samsung tutup pabrik,pangsa pasar samsung


ilustrasiilustrasi

Samsung pernah mencicipi kejayaan sebagai emain utama di pasar ponsel Cina tetapi kini pangsa pasarnya terus tergerus dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini tentu berdampak buruk bagi raksasa teknologi asal Korea Selatan itu. Beberapa prediksi bahkan memperhitungkan pangsa pasar Samsung kini tidak mencapai satu persen dari pasar ponsel pintar Cina. Tidak heran jika Samsung kemudian memutuskan untuk menutup salah satu dari dua pabrik smartphone di negara tersebut.

Samsung baru-baru ini mengumumkan bahwa pihaknya akan menutup salah satu pabrik perakitan ponselnya di Cina. Pabrik yang dimaksud terletak di kota Tianjin dan mempekerjakan sekitar 2.600 orang. Samsung pun akan menawarkan paket kompensasi kepada karyawan dan memberi mereka kesempatan untuk ditransfer ke fasilitas Samsung lainnya. Pabrik tersebut akan ditutup sebelum akhir tahun ini.

Pangsa pasar Samsung di Cina menyusut hingga di bawah 1 persen pada kuartal pertama tahun ini karena persaingan yang ketat dari pemain lokal seperti Huawei. Itu penurunan yang sangat tajam mengingat pada 2013 lalu menyumbang 15 persen dari pasar Cina.

Samsung juga menyebutkan bahwa akan terus mengoperasikan fasilitas manufaktur telepon kedua di Huizhou, Guangdong. Menurut perkiraan, pabrik di  Tianjin menghasilkan 36 juta ponsel per tahun sementara pabrik Huizhou 72 juta unit, menurut perkiraan. (*)

Sumber: Ubergizmo