pulsa-logo

Advan i6, Smartphone Entry Level Terbaik 2018


Fauzi

Kamis, 13 Desember 2018 • 15:01

Advan,Advan i6,smartphone power fullview paling affordable,PULSA EDITORS' CHOICE 2018


Advan i6, Image: AdvanAdvan i6, Image: Advan

Oke, baru-baru ini PULSA telah mempublikasi sejumlah smartphone penyabet anugerah ‘PULSA EDITORS' CHOICE 2018’. Satu di antaranya adalah smartphone power fullview paling affordable, Advan i6. Smartphone ini berhasil menjadi pilihan untuk kategori “Best Value Entry Level Smartphone 2018”.

Seperti telah banyak diulas, Advan i6 hadir mengusung desain trendi dengan layar FullView. Ini lah poin menarik pertama yang dimiliki Advan i6. Layar IPS yang dibawanya berukuran 5.5 inci dengan rasio aspek 18:9 dan menerapkan model 2.5D Glass. Cocok banget untuk menampilkan konten video, bermain game serta menikmati fasilitas multimedia lainnya, termasuk browsing internet.

Beberapa keunggulan dari Advan i6 juga datang dari fitur Dual SIM yang di smartphone ini disediakan secara terpisah. Keunggulan lain yang juga dimiliki Advan i6 dan jarang dijumpai pada smartphone entry level adalah sistem keamanan berlapis. Ya, berkat penggunaan platform OS karya anak bangsa yang disebut IDOS (Indonesia Operating System) versi 7.2 berbasiskan Android 7.0 Nougat, Advan i6 dijejali sederet fasilitas keamanan kelas flagship.

Sebagai benteng pertama sistem keamanan, Advan i6 dibekali sensor sidik jari (fingerprint) dan Face ID. Keduanya bisa dimanfaatkan sebagai kunci akses untuk membuka layar ponsel. Kedua mode keamanan ini memiliki performa yang baik dalam mengidentifikasi data pengguna. Fitur Face ID sendiri dapat membuka layar dalam hitungan 0,4 detik. Fitur tersebut dapat mengenali 200 titik algoritma wajah yang didaftarkan pengguna.

Selain dua sistem keamanan tersebut, Advan i6 juga masih disertai fitur keren yang lebih ampuh dan tergabung dalam kompartemen Advan Secure. Fitur lanjutan ini terdiri dari Super Applock, Privacy System, dan Anti Theft. Super App Lock sendiri bisa dimanfaatkan untuk memproteksi aplikasi dengan kunci unik. Ada tiga pilihan kunci pada fitur ini, yakni pin lock, pattern lock, dan gesture lock. Metode kunci itu digunakan untuk membuka aplikasi, menyimpan percakapan, dan dokumen rahasia lainnya.

Berikutnya adalah privacy system yang dapat digunakan untuk menyembunyikan file penting dalam smartphone seperti data, foto, video, kontak, riwayat panggilan telfon, juga dokumen lainnya. Privacy system ini dapat diakses melalui papan tombol telefon (dialer plate) dengan kode yang dibuat pengguna.

Fitur keamanan selanjutnya adalah Anti Theft. Umumnya, fitur ini hanya tersedia di perangkat flagship. Namun, Advan mulai mengembangkannya dan menjejalkan fitur yang dalam bahasa Indonesianya disebut anti maling ke smartphone besutannya.


Sementara untuk fasilitas kekinian lainnya, Advan i6 dibekali kamera utama berkekuatan 13 MP CMOS dengan sudut lebar 72 derajat. Dengan sudut pengambilan itu, foto bersama rekan, sahabat, orang tersayang dapat terekam dalam satu frame. Sementara untuk selfie, kamera depan 5 MP smartphone ini sudah disokong LED flash untuk foto diri di lokasi minim cahaya.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan sumber power. Advan i6 membawa baterai dengan kapasitas lumayan besar untuk ukuran smartphone entry level, yakni sebesar 3300 mAh. Sistem manajemen power yang baik di Advan i6 juga mampu mengalokasikan kebutuhan sumber listrik ini dengan baik. Alhasil, baterai Advan i6 tercatat cukup tahan lama.

Ada tiga nominasi yang menurut PULSA paling tepat masuk di kategori Best Value Entry Level yakni Realme C1, Advan i6 dan Xiaomi Redmi 6A, tim Editor PULSA sepakat mendapuk Advan i6 sebagai jawaranya. Bukan karena sebatas hanya ingin menunjukan produk asli Indonesia juga mampu bersaing dengan produk global, namun Advan i6 memang pantas menyandang gelar “Best Value Entry Level”. Pasalnya, smartphone yang dibanderol dengan harga resmi Rp 1.499.000 ini sudah membawa beberapa fitur penting yang patut diperhitungkan. (Ozi)