pulsa-logo

HID goID Siap Kelola Big Data Kependudukan Berbasis Mobile


Hairuddin

Kamis, 13 Desember 2018 • 15:49

HID Global, HID goID, Data Kependudukan, e-KTP, Big Data Kependudukan


e-KTPe-KTP

 

HID Global mengumumkan perluasan pengembangan sistem end-to-end program ID mobile lewat solusi HID goID. Nantinya, solusi ini akan mengelola big data kependudukan  mulai dari penerbitan hingga verifikasi.

Solusi HID goID ini sendiri didukung oleh standar keamanan tingkat tinggi yang sama digunakan untuk perlindungan data, komunikasi, dan privasi yang diaplikasikan dalam program ID elektronik fisik (eID) saat ini.

 

"Ini adalah langkah besar dalam memberikan nilai penuh solusi goID kami, karena kami memperluas kemampuan goID untuk menyediakan, memperbarui dan mencabut ID seluler agar menyertakan berbagai fungsi program ID penduduk," kata Jessica Westerouen van Meeteren, Vice President dan Managing Director, Citizen ID dari HID Global.

Solusi ini memungkinkan negara-negara untuk berpindah dari kertas atau dokumen elektronik ke ID seluler, menyederhanakan bukti penerbitan identitas melalui ketentuan program over the air secara langsung ke telepon warga. Sistem ini juga diklaim mampu menjaga privasi data dengan enkripsi end-to-end dan empat lapis mekanisme keamanan guna menghambat penipuan.

Selain itu, warga dapat mengontrol verifikasi data yang mereka bagikan dan kepada siapa. Teknologi pasca-penerbitan menjaga ID mobile tetap terupdate dan dapat dipercaya, dan verifikasi dapat dilakukan dari jarak hingga 66 kaki (20 meter).


 

Komponen utama solusi HID goID termasuk sistem penerbitan, pemanfaatan rangkaian perangkat lunak modular Integrale HID Global yang dikenal sebagai pengelolaan ID fisik dan seluler; jalur untuk menyediakan ID seluler yang dapat dikelola secara lokal oleh pemerintah atau ditawarkan sebagai layanan; Software development kit (SDK) untuk pengembangan citizen app agar memenuhi persyaratan lokal.

 

HID goID mencakup struktur data off-the-shelf yang memungkinkan pemerintah untuk mengeluarkan Passport mobile yang akan membantu memenuhi mandat perjalanan digital yang saat ini sedang dikembangkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) dan untuk mengeluarkan mobile lisensi pengendara  yang akan membantu mempromosikan kepatuhan terhadap spesifikasi ISO18013-5 yang sedang dikembangkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO).

 

“Pemerintah sekarang memiliki semua yang mereka butuhkan untuk pindah menuju masyarakat yang sepenuhnya mobile termasuk dukungan untuk mengintegrasikan goID dengan sistem penerbitan yang saat ini ada, citizen app yang sedang berkembang, dan memastikan kepatuhan pada standar internasional untuk kepercayaan digital”, tambah Jessica.

 

HID goID juga memungkinkan pihak yang berwenang menerbitkannya untuk menambahkan dengan mudah agensi pemerintah lainnya dan perusahaan swasta yang sah ke dalam ekosistemnya. Ini menciptakan peluang baru untuk meningkatkan komunikasi antara pemerintah dan warganya saat membuka pintu bagi orang-orang untuk membawa banyak warga dan ID komersial yang berbeda dalam satu aplikasi mobile yang mudah digunakan.