pulsa-logo

Ironis, Huawei Disebut Punya Lab Riset Rahasia Bernama "Gedung Putih"


PULSA

Jum'at, 14 Desember 2018 • 15:34

huawei,perang dagang AS-cina,petinggi huawei,strategi huawei


ilustrasiilustrasi

Perang dagang AS-Cina akhirnya ikut menyeret produk atau merek asal Cina. Produk smartphone milik raksasa teknologi asal Cina Huawei sebelumnya dijegal untuk masuk pasar AS. Baru-baru ini, petinggi Huawei yang juga anak pendiri perusahaan berologo bunga lili merah itu ditahan di Kanada atas tuduhan melakukan transaksi yang dilarang oleh AS kepada Negara tertentu.

Kondisi ini tentu akan membuat Huawei semakin sulit, tetapi menurut laporan terbaru yang dirilis oleh Bloomberg, Huawei memiliki rencana. Laporan tersebut mengklaim bahwa di kantor pusat Huawei di Shenzhen, Cina, Huawei memiliki laboratorium penelitian rahasia yang ironisnya dijuluki “Gedung Putih.”

Di sini, para ahli dikatakan bekerja keras untuk menjadi tulang punggung masa depan, seperti teknologi - kecerdasan buatan, komputasi awan, dan chip yang sama sekali baru yang akan mengurangi ketergantungannya pada perusahaan-perusahaan AS.

Huawei juga didukung oleh pemerintah Cina untuk menciptakan solusi baru, menurut laporan itu. Bahkan, di dalam laboratorium rahasianya, Huawei ini dikatakan memiliki ruang terpisah yang disebut “ruang pameran industri vertikal.” Di sinilah perusahaan membayangkan semua skenario berbeda di mana teknologi Huawei saat ini dan masa depan pada akhirnya dapat digunakan.

Apa pun alasannya, tampaknya Huawei dan pemerintah Cina berharap untuk mencapai skenario di mana tidak lagi memerlukan chip atau perangkat lunak dari AS. Namun, akibat ulah AS yang menyinggung soal isu keamanan, ini juga bisa berarti hilangnya pelanggan global Huawei. (*)

Sumber: Bloomberg via Phonearena