pulsa-logo

Bidik Konsumen Premium, Bagaimana Layanan Purna Jual RAVPower di Indonesia?


Fauzi

Jum'at, 14 Desember 2018 • 21:12

RAVPower,Powerbank,RP-PB044


RAVPower RP-PB044, Image: RAVPowerRAVPower RP-PB044, Image: RAVPower

RAVPower merupakan pendatang baru di pasar aksesoris Tanah Air. Perusahaan ini menawarkan produk berupa powerbank, dengan beberapa perangkatnya sudah diedarkan ke pasar. Satu di antaranya adalah RP-PB044, powerbank 10050 mAh. Di Indonesia powerbank yang diklaim tahan banting dan tahan cuaca ini dijual seharga Rp839 ribu.

Melihat harga yang ditawarkan, untuk produk powerbank berkapasitas 10050 mAh, harga RP-PB044 bisa dibilang memang relatif mahal, walau mungkin setara dengan kelebihan yang ditawarkan. Selain itu, harganya yang relatif tinggi, khususnya bila dibanding dengan pesaing lokal, alasan lainnya juga datang dari pasar yang dibidik oleh RAVPower.

Secara tegas, seperti dikatakan oleh Sales Director RAVPower Indonesia, Nita Sari, pihaknya memang fokus pada konsumen premium di mana pasar yang ditarik adalah konsumen-konsumen yang memiliki handphone premium.

“Kami yakin konsumen yang memiliki gadget premium pasti ingin menggunakan aksesori gadget yang premium juga, karena itu fokus kami terhadap konsumen premium,” ujar Nita.

Beralih ke soal layanan purna jual. Untuk urusan yang tergolong sensitif bagi sebagian konsumen ini, RAVPower juga siap untuk mengakomodasi bila produknya mengalami kerusakan. Di mana pihak RAVPower Indonesia akan memberikan garansi kepada konsumennya selama 18 bulan. Hal ini seperti ditegaskan oleh Helmi Rangga, Office Manager RAVPower Indonesia.

“Dan yang paling menjadi after sales dari kita, yaitu produk tersebut kami garansikan selama 18 bulan dan tidak diservis, namun kita ganti dengan unit yang baru,” kata Helmi di sela-sela acara peluncuran produk RAVPower beberapa waktu lalu.

Ada beberapa produk yang telah diboyong RAVPower ke Indonesia. Selain RP-PB044, perusahaan ini juga baru meluncurkan dua produk baru lainnya, yakni PB096 dan PB097. Powerbank RAVPower PB096 hadir menawarkan kapasitas daya 10000 mAh, sementara PB097 memiliki kapasitas daya 20000 mAh. Kedua produk ini disebut telah menyematkan iSmart, sebuah teknologi pembaca ars versi 2.0. Teknologi ini diklaim lebih sempurna serta mempunya kemampuan pengisian cepat (fast charging).


Untuk memasarkan produknya, RAV Power menggandeng Tokopedia sebagai mitra penjualan resminya. Nita mengatakan bahwa menggandeng Tokopedia adalah sebuah langkah strategis mengingat Tokopedia adalah penyedia pasar online terbesar di Indonesia. (Ozi)