pulsa-logo

LG Siap Pamerkan Peralatan Dapur Pintar di CES 2019


Deni Hardian

Selasa, 18 Desember 2018 • 15:40


LG XBOOM AI ThinQ WK9 Smart DisplayLG XBOOM AI ThinQ WK9 Smart Display

Pabrikan LG Electronics (LG) semakin menampakkan keseriusannya pada pengembangan rumah pintar. Terbaru, perusahaan mengumumkan telah siap mengungkap pengembangan lanjut dapur pintarnya di Consumer Electronics Show 2019 pada Januari tahun depan.

Tak hanya tawaran integrasi berbagai perangkat elektronik dapur yang lebih baik, pengembangan lanjut dapur pintar ini juga mengungkap kemitraan LG dengan Drop. Dikatakan, kemitraan dengan pengembang platform Drop KitchenOS ini bakal memberi pengalaman kuliner lebih baik yang termasuk ketersediaan akses pada rekomendasi berbagai resep makanan.  

“Kemitraan akan memainkan peran kunci dalam pengembangan ini. Lewat jalinan berbagai mitra dan perangkat elektronik dapur cerdas LG, kami menghadirkan pengalaman dapur cerdas yang lebih baik dan lebih sesuai harapan publik,” ujar Song Dae-hyun, Presiden LG Home Appliance & Air Solution Company. Lebih lanjut ia menyatakan, kemitraan dengan Drop ini menambah daftar mitra pada pengembangan dapur pintar LG. Sebelumnya perusahaan diketahui telah pula bermitra dengan Innit dan SideChef.

LG Smart Kitchen OvenLG Smart Kitchen Oven

Pada gelaran CES 2019 nanti, LG juga menyatakan akan memperkenalkan cara lebih fleksibel untuk terhubung dengan berbagai resep pintar ini. Salah satunya melalui perangkat LG XBOOM AI ThinQ WK9 Smart Display. Dukungan AI lengkap dengan Google Assistant dan kelengkapan speaker stereo memungkinkan pengguna untuk menyiapkan sebuah resep masakan sambil melihat dan mendengarkan langsung dari perangkat cerdas tersebut. Disamping itu, LG pun akan memperkenalkan LG HomeBrew sebagai mesin pembuat bir revolusioner.

LG HomeBrewLG HomeBrew

Lebih lanjut LG menyatakan, dalam CES 2019 LG akan mendemonstrasikan keterhubungan antar perangkat elektronik dalam dapur pintarnya ini. Simulasi dibuat dengan menggambarkan situasi keseharian pengguna.


Saat pengguna masih belum belum memutuskan akan memasak sesuatu, ia dapat menggunakan LG HomeBrew untuk menikmati minuman dingin. Hal ini dilakukannya sambil mencari resep pada layar yang tertanam di kulkas InstaView ThinQ. Setelah mendapat resep hidangan tepat, resep yang sama akan dikirim ke oven untuk memulai pemanasan awal ke suhu yang tepat. Usai menyiapkan hidangan dengan dukungan layar pintar LG XBOOM ThinQ WK9, fitur EasyClean dalam microwave LG akan menghilangkan sisa makanan yang mungkin tercecer dalam tungku masak.

Keterhubungan antar perangkat elektronik dalam dapur pintar ini tak sampai disitu. Bahkan, resep yang sama juga bakal terkirim ke pencuci piring elektronik LG QuadWash. Gunanya, mengirim informasi untuk membuat pencuci piring pintar ini dapat melakukan pengaturan otomatis menyesuaikan kebutuhan pembersihan peralatan masak pada tingkat optimal.

“Perkembangan teknologi membuat dapur menjadi semakin pintar. Visi kami adalah menciptakan lingkungan dapur yang ramah dan bebas stres sehingga keluarga dapat menikmati pengalaman kuliner optimal di rumah. Tanpa harus makan atau memesannya di luar,” ujar Song Dae-hyun lagi. Lebih lanjut ia menyatakan, pengunjung CES 2019 akan dapat mengalami sendiri solusi dapur pintar LG mulai 8-11 Januari di stan LG pada tempat berlangsungnya acara di Las Vegas Convention Center.