pulsa-logo

Instagram Punya Fitur Walkie Talkie, Begini Cara Penggunaannya


Hairuddin

Kamis, 20 Desember 2018 • 14:54

Instagram Direct, Voice Note, Instagram Walkie Talkie, Instagram Direct Message


Instagram Voice Message (Foto: Techcrunch)Instagram Voice Message (Foto: Techcrunch)

Instagram kembali menghadirkan fitur baru untuk para pengguna setianya. Fitur yang disebut Instagram Direct ini sempat diuji coba beberapa bulan lalu, dan akhirnya fitur yang bisa dibilang sebagai Voice Message alias Walkie Talkie pun sudah resmi dan tersedia di Instagram untuk digunakan.

Fungsi utama fitur ini sejatinya tidak jauh beda dengan Voice Note di WhatsApp. Dengan Instagram Direct, pengguna bisa mengirimkan maupun menerima pesan langsung dalam bentuk suara, tanpa repot mengetik isi pesan.

Namun untuk bisa menikmati fitur baru ini, pengguna harus melakukan update aplikasi Instagram ke versi yang paling baru. Setelah melakukan pembaharuan, di antarmuka (interface) Direct Message (DM) akan muncul ikon mikrofon tepatnya di kotak message  samping ikon berkirim foto.

Untuk pemakaiannya sendiri, pengguna tinggal menekan dan menahan ikon mikrofon tersebut hingga muncul ikon gelombang suara. Di sini lah proses perekaman suara berlangsung. Untuk durasi rekam, saat ini dibatasi hanya selama satu menit saja.

Setelah selesai berbicara, lepas ikon mikrofon dan pesan suara akan otomatis langsung terkirim ke kontak yang sedang di-DM.

Menariknya, pengguna tetap bisa membatalkan pengiriman voice message tersebut dengan menggeser jari yang tengah menekan ikon mikrofone ke arah ikon tempat sampah (delete) yang ada di pojok kiri.

Ketika pesan suara terlanjur terkirim, pengguna pun masih bisa menghapusnya dengan cara menekan dan menahan voice message tersebut beberapa saat hingga muncul opsi Unsend Message.


Tidak seperti pesan foto yang dikirimkan oleh pengguna, voice message ini sifatnya permanen dan tidak akan otomatis hilang ketika selesai didengarkan/dilihat oleh si penerima.