pulsa-logo

Ini Kelebihan Fitur Kamera Vivo Y95 Dibanding Vivo Y91


Anwar Aburizal

Kamis, 20 Desember 2018 • 15:52

Vivo, Y95, Y91, Kamera, Selfie, AI, Google Lens, AI Framing, Kecerdasan Buatan, Bokeh


Pengaturan Kamera Utama Y95Pengaturan Kamera Utama Y95

Selain sektor hardware, ranah kamera menjadi pembeda Y95 dengan Y91 yang muncul lebih dulu. Meski begitu, perbedaan hanya pada kamera depan saja. Sementara untuk kamera utama, Y95 membawa 2 kamera dengan resolusi masing-masing 13MP sebagai pembidik utama dan pendamping 2 MP yang bertugas sebagai depth sensor atau pendeteksi jarak antara objek dengan lensa. Fungsinya untuk membuat foto dengan efek bokeh yang lebih natural. Konfigurasi dual-cam ini pun serupa dengan milik Y91.

Jika mode portrait diaktifkan (caranya dengan menekan ikon tengah diantara barisan ikon di atas viewfinder) pengguna bisa mengatur nilai bukaan lensa (aperture)  dari F/0.95 (terbesar) hingga F/16 (terkecil). Semakin besar bukaan lensa, semakin besar pula efek bokeh yang ditimbulkan.

Mode Potrait Memungkinkan Mengatur ApertureMode Potrait Memungkinkan Mengatur Aperture

Mengikuti tren kekinian, kamera utama Y95 juga dibekali kecerdasan buatan (AI) yang akan mendeteksi objek yang sedang berusaha dibidik oleh pengguna. Selanjutnya, algoritma cerdas yang dimiliki kamera ponsel ini akan menerapkan pengaturan yang sesuai dengan objek yang akan di foto. Kecerdasan kamera  utama Y95 tak cukup disitu. Dengan mengaktifkan AI Potrait Framing, ponsel akan memberikan instruksi untuk memposisikan objek dalam frame agar mendapatkan potret dengan komposisi yang baik.

AI Potrait Framing Pada Y95AI Potrait Framing Pada Y95

Kembali ke kamera depan. Di sektor inilah Y95 menunjukkan superioritasnya atas Y91. Ponsel ini dibekali kamera depan dengan resolusi besar, 20 MP yang membuatnya mampu menangkap lebih banyak detail pada wajah.

Pengaturan Kamera Selfie Y95Pengaturan Kamera Selfie Y95


Tak hanya di kamera belakang, Vivo pun menyuntikkan fitur berbasis AI pada kamera depan yang disematkan pada mode face beauty. Algoritma AI pada ponsel ini akan mendeteksi usia, jenis kelamin, warna dan tekstur kulit objek, serta pencahayaan di sekitar, kemudian secara otomatis mengaplikasikan “makeup digital” yang dianggap cocok.

Keseruan kamera selfie Y95 tak berhenti disitu. Tanpa perlu aplikasi tambahan, pengguna bisa membuat foto selfie yang dihiasi dengan stiker digital berupa “topeng virtual” yang lucu melalui mode AR Sticker. Tanpa harus mengunduh, Google Lens tersedia secara default dan langsung bisa diakses melalui interface kamera Y95.

AR Sticker Pada Y95AR Sticker Pada Y95

Y95 Juga Dilengkapi Google LensY95 Juga Dilengkapi Google Lens

Selengkapnya tentang Y95 dan hasil fotonya akan PULSA ulas pada rubrik Review.