pulsa-logo

WOW! Bocoran Terbaru P30 Pro, 4 Kamera Dengan 10X Optical Zoom


Anwar Aburizal

Senin, 24 Desember 2018 • 15:00

Huawei, Flagship, P30 Pro, P30, P Series, Kirin 980, Quad Camera, 10x, Optical Zoom


Bocoran P30 Pro (sumber Weibo via GizmoChinaBocoran P30 Pro (sumber Weibo via GizmoChina

2018 belum sepenuhnya habis, namun gosip seputar perangkat yang akan hadir sebagai penghuni 2019 sudah banyak beredar. Menengok kecanggihan yang dibawa Mate 20 series, tak heran jika P30 series menjadi salah satu rangkaian produk flagship 2019 yang paling bikin penasaran. Apalagi tahun ini Huawei berhasil merebut posisi Apple di peringkat kedua pada industri smartphone secara global.

Seperti diketahui, P30 series setidaknya akan dihuni oleh 2 varian, Huawei P30 and the Huawei P30 Pro. Dan baru-baru ini di dunia maya beredar bocoran gambar fisik Huawei P30 Pro yang menunjukkan desain dan salah fiturnya, yakni 4 kamera utamanya.

Kembali ke belakang, Huawei P20 Pro merupakan ponsel pertama dengan 3 kamera utama. Namun tentu saja suksesornya (P30 Pro) tidak akan menjadi yang pertama dengan 4 kamera karena sudah “keduluan” oleh Samsung dengan Galaxy A9-nya.

Mengacu pada XDA Developers, hanya 3 dari keempat kamera P30 Pro yang dapat digunakan untuk mengabadikan gambar. Sementara kamera keempat bertindak sebagai kamera ToF (time of flight) yang akan digunakan untuk pemindaian wajah 3D dan modeling.

Tak sampai disitu, kabarnya salah satu kamera utama P30 Pro dibekali lensa jarak jauh (telephoto) dengan kapabilitas 10x optical zoom. Sementara itu, seperti PULSA beritakan sebelumnya, Huawei P30 versi regular juga akan dibekali kemampuan telephoto namun dengan kemampuan sebatas 5x optical zoom.

Kembali ke bocoran P30 Pro, gambar yang beredar di situs micrologging Cina, Weibo, tersebut menunjukkan bahwa keempat kamera utama P30 Pr0 akan disusun vertikal. 3 diantaranya berkumpul bersama LED flash dan modul laser focus dalam area berbentuk kapsul, sedang satu lainnya berbaris mengikuti diluar area. Seperti seri P dan Mate sebelumnya, Huawei masih akan bekerjasama dengan Leica untuk mengembangkan kameranya, seperti yang terlihat pada tulisan Leica pada sisi belakang produk pada gambar tersebut.

Huawei P30 Pro membuang notch berbentuk kotak seperti pada P20 Pro dan menggantinya dengan notch minimalis yang disebut Honor dengan julukan Dewdrop (tete embun).Hal ini tentu berarti bahaa rasio layar berbanding bodi pada ponsel ini menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.


Bocoran gambar tersebut juga mengungkap bahwa P30 Pro akan memiliki finishing dengan efek gradasi. P30 series diprediksi akan hadir pada Maret 2019 mendatang.

Sumber: 1, 2