pulsa-logo

Ini Beda Vivo Y93 dengan Vivo Y95


Deni Hardian

Kamis, 27 Desember 2018 • 22:40

vivo,beda spesifikasi,beda fitur,vivo y93,vivo y95,pulsa,tabloidpulsa


Vivo Y93 vs Vivo Y95Vivo Y93 vs Vivo Y95

Vivo Mobile Indonesia belum lama ini telah meluncurkan jajaran smartphone terbarunya yang bernama Vivo Y93 dan Vivo Y95. Masuk ke dalam keluarga Y Series kedua smartphone ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda terutama pada sisi desain yang ditawarkan.

Vivo Y93 yang terakhir masuk ke pasar smartphone tanah air tersedia dengan harga Rp 2.499.000, sementara untuk Vivo Y95 dijual dengan harga resmi Rp 2.999.000. Meskipun memiliki variasi harga yang tidak jauh berbeda, kedua perangkat ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Desain dan Layar

Dari sisi desain, kedua smartphone ini tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Smartphone ini bahkan memiliki dimensi body yang sama serta berat body yang sama yakni 163.5 gram. Selain itu, tampilan yang dimiliki kedua smartphone ini juga tak berbeda sama-sekali. Keduanya hadir dengan kover body belakang yang dibalut dengan warna gradasi. Namun untuk opsi warna yang disediakan ada sedikit perbedaan, Vivo Y93 tersedia dengan pilihan warna Starry Black dan Ocean Blue sementara untuk Vivo Y95 adalah Starry Black dan Aurora Red.

Tak hanya memiliki kesamaan dari sisi desain, layar yang ditanamkan juga memiliki kesamaan. Kedua smartphone ini memiliki ukuran layar 6.22 inci dengan resolusi HD+ (720x1520p) dan memiliki dukungan teknologi layar yang sama yakni IPS. Uniknya lagi, kedua smartphone ini juga memiliki dukungan antarmuka Funtouch OS 4.5 berbasis Android 8.1 Oreo.

Kinerja

Sektor kinerja menjadi sisi yang membedakan dari kedua perangkat ini, Vivo Y93 yang hadir dengan harga yang lebih murah dibekali dengan prosesor mediatek Helio P22 dengan kombinasi RAM 3GB dan memory internal 32GB. Sementara untuk Vivo Y95 sudah dibekali dengan prosesor Snapdragon 439 dengan dukungan RAM 4GB dan memory internal 32GB. Meski memiliki perbedaan chipset yang ditanamkan, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan kapasitas baterai yang setara yakni 4030 mAh. Selain itu, kedua smartphone ini juga sama-sama dibekali dengan slot kartu microSD yang tersedia secara terpisah dari slot kartu SIM.


Kamera

Selain sektor kinerja, perbedaan yang hadir pada kedua perangkat ini tersedia pada kamera depan yang ditanamkan. Vivo Y95 yang hadir dengan harga yang lebih mahal dibekali dengan kamera depan 20 megapiksel yang dibalut dengan fitur AI untuk memanjakan penggunanya. Sementara itu, Vivo Y93 hanya dibekali dengan kamera depan 8 megapiksel namun sudah dibekali dengan fitur AI.

Untuk kamera belakangnya, kedua smartphone ini memiliki kesamaan dimana pada bagian belakang kedua smartphone ini sudah dibekali dengan kamera ganda yang memiliki resolusi 13MP + 2MP.

Fitur Tambahan

Memiliki perbedaan dari sisi kinerja dan kamera depan yang ditanamkan, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan fitur pendukung yang serupa. Keduanya sudah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang, sensor pemindai wajah, dukungan 2 SIM, akses jaringan 4G LTE dan WiFi.

Kesimpulan

Dengan perbedaan harga yang mencapai 500 ribu rupiah, kedua perangkat ini memiliki kemiripan dari sisi desain, kamera belakang, kapasitas baterai hingga fitur pendukung yang ditanamkan. Namun kedua smartphone ini memiliki perbedaan dari sisi kinerja dimana kedua smartphone ini dibekali dengan chipset dari dua vendor yang berbeda. Selain itu, besaran RAM yang ditanamkan juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dan tentunya perbedaan yang paling mencolok terletak dari kamera depan yang ditanamkan dimana kedua smartphone ini memiliki besaran resolusi yang sangat jauh. Vivo Y95 hadir dengan kamera depan beresolusi 20 megapiksel sementara Vivo Y93 hanya memiliki resolusi 8 megapiksel.