pulsa-logo

Ssst, Samsung Bakal Jajaki Bisnis Drone


Nariswari

Jum'at, 28 Desember 2018 • 10:35

Ssst, Samsung Bakal Jajaki Bisnis Drone


Paten drone Samsung (Gizmochina)Paten drone Samsung (Gizmochina)

Sebuah  bocoran dokumen pengajuan paten terbaru  yang didaftarkan lewat US Patents & Trademark mengindikasikan bahwa Samsung nampaknya akan memperluas lini bisnisnya ke aksesoris generasi berikutnya yakni drone.

Dalam paten tersebut , drone digambarkan memiliki disan yang bisa bertransformasi yang saat ini tidak banyak dibuatoleh pabrikan lain. Terlepas dari sensor kamera,  drone buatan Samsung  ini  akan datang dengan dukungan sensor  gyro, barometer, kompas, ultrasonik, suhu, cahaya dan sensor ultraviolet.

Selain itu, drone ini didukung teknologi kontrol nirkabel menggunakan smartphone, tablet atau PC. Samsung mengatakan bahwa drone buatan mereka tersebut dapat dikontrol menggunakan perangkat elektronik apa pun yang termasuk dalam perangkat Internet of Things (IoT), termasuk alat rumah tangga seperti mesin cuci atau kulkas pintar.

Sedangkan untuk struktur desainnya, drone ini  terdiri dari dua kompartemen yang membentuk unit yang kompak dan portabel. Sama seperti aplikasi drone lainnya, Samsung  bermaksud untuk menyertakan kontrol seperti joystick yang dapat di- “manipulasi” melalui layar smartphone.

Dalam paten, Samsung mencatat bahwa kendaraan udara tak berawak (UAV) secara historis telah dikembangkan untuk keperluan militer, penambahan sensor kamera ke drone telah menghasilkan popularitasnya di pasar komersianya.

Pengamat industri mengatakan bahwa dalam pengembangan drone ini, Samsung tampaknya sudah benar-benar mempersiapkan dengan matang. Ini terlihat dari  pengajuan  beberapa paten desain dan teknologi yang terkait dengan drone sejak  tahun 2016. Nah,  bocoran  paten terbaru dari Samsung ini merupakan paten terkait drone kelima  yang diajukan oleh Samsung  pada tahun ini. (*)

Sumber: Gizmochina