pulsa-logo

Ini Dia Penguasa Smartphone Mahal di Kuartal Ketiga 2018


PULSA

Rabu, 02 Januari 2019 • 08:49

smartphone mahal,smartphone premium,pasar smartphone,pangsa pasar smartphone q3 2018,oppo,samsung,apple,huawei


Apple dan Samsung menguasai segmen premium di kuartal ketiga 2018Apple dan Samsung menguasai segmen premium di kuartal ketiga 2018

Perusahaan analisa pasar Counterpoint Research mencatat kuarta ketiga 2018, pengiriman smartphone global turun 5%. Meski demikian, menurut laporan tersebut, segmen smartphone premium tumbuh signifikan.

Sepanjang bulan Juli hingga September, penjualan smartphone seharga 400 dolar AS (Rp5, jutaan) atau lebih tinggi menyumbang 22% dari pasar global. Ini merupakan peningkatan 19% dari tahun sebelumnya.  

Dari total penjualan smartphone kelas premium, iPhone menyumbang hampir setengah dari seluruh penjualan selama kuartal tersebut. Samsung membuntuti dengan 22% dan Huawei di posisi ketiga dengan 12%. Pada periode tersebut menjadi pencapaian dua digit Huawei pertama kali di kelas premium.

pangsa smartphone premium q3 2018 (Counterpoint)pangsa smartphone premium q3 2018 (Counterpoint)

Untuk segmen berdasarkan harga, Samsung mendominasi pasar  400-600 dolar AS dengan pangsa 25% yang mengesankan. Sementaa Apple dan Huawei, ada di posisi kedua dan ketiga dengan masing-masing 21% dan 17%. Dua brand lainnya di lima besar ada Vivo dan Oppo, sementara posisi keenam adalah Xiaomi dengan pangsa pasar 6%.

Smartphone dengan banderol  600-800 dikuasai oleh Apple dan Samsung dengan pangsa gabungan 82%. Namun, hanya Apple yang mampu mempertahankan popularitasnya di segmen  800 dolar lebih. Faktanya, berkat iPhone X tahun lalu dan iPhone XS dan XS Max yang lebih baru, Apple menyumbang 79% dari semua penjualan di segmen ini.

Meskipun tidak berada di lima besar pada skala global, Counterpoint Research mendaftarkan OnePlus sebagai salah satu merek dengan pertumbuhan tercepat di segmen  400-600 dolar AS berkat popularitasnya di India, Cina, dan Inggris. Google, di sisi lain, juga terus melanjutkan pertumbuhan di pasar ponsel cerdas selama Q3 - itu adalah salah satu dari 5 merek teratas di Eropa Barat dan Amerika Utara. (*)


Sumber: Counterpoint via Phonearena