pulsa-logo

Apa Itu WiFi 6?


Aldrin Symu

Rabu, 02 Januari 2019 • 16:22

techno, wifi 6, konektifitas,


image: audioxpress.com

WiFi 6 merupakan generasi penerus dari standard yang sudah ada sebelumya dan lebih kencang dibanding 802.11ac. Lebih dalam hal kecepatan karena menyediakan performa dengan cakupan wilayah yang lebih padat. Teknologi ini akan hadir pada 2019 ini.

Seperti pernah dibahas pada edisi sebelumnya, bahwa WiFi memiliki sejumlah nomor versi. Sebagai contoh, WiFi 4 merupakan versi dari 802.11n dan muncul pada tahun 2009. WiFi 5 merupakan  versi 802.11ac yang muncul pada 2014. Demikian juga WiFi 6 merupakan versi terbaru yang dikenal dengan 802.11ax dan dijadwalkan akan meluncur pada 2019 ini.

Seperti sebelumnya, standard WiFi terbaru tentunya menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Jika Anda menggunakan router dengan satu perangkat, maka maksimal kecepatan WiFi 6 akan lebih tinggi 40% dibanding WiFi 5.

image: howtogeek.com

WiFi Yang Lebih Cepat


WiFi 6 dipercaya mampu menyelesaikan enkoding data lebih efisien dan menghasilkan keluaran yang lebih tinggi. Dan yang utama, data dipaketkan dengan gelombang radio yang sama. Chip yang digunakan mampu mengenkode dan dekode sinyal dengan lebih baik. Standard baru ini juga mampu meningkatkan kecepatan pada jaringan 2,4GHz. Sementara, industri beranjak menggunakan 5GHz dengan enterfere yang lebih sedikit meskipun 2,4GHz tetap lebih baik saat menembus objek padat.

image: convergedigest.com

Daya Tahan Baterai Yang Lebih Panjang

Dengan kemampuan TWT (target wake time) membuat standard baru ini akan menghemat penggunaan baterai pada perangkat tujuan seperti smartphone, laptop atau perangkat lainnya. Ketika titik akses (accesst point) mencapai sebuah perangkat (smartphone misalnya), standard ini dapat memberitahukan perangkat tujuan kapan waktunya gelombang radio perangkat tersebut untuk bangun dan menerima transmisi serta kapan waktunya untuk istirahat. Sehingga penggunaan baterai menjadi lebih efisien.

Performa Terbaik di Area Padat

WiFi cenderung saling bertubrukan atau paling tidak mengalami perlambatan bila berada di area dimana perangkat WiFi sangat banyak. Misalnya stadion, airport, hotel, mall atau perkantoran yang padat perangkat dan semuanya terhubung ke perangkat WiFi. WiFi 6 yang dikenal dengan nama 802.11ax menggabungkan banyak teknologi baru yang membantunya mengatasi hal ii. Intel menyatakan bahwa WiFi 6 meningkatkan kecepatan rata-rata setiap penggunanya paling tidak 4 kali saat berada di area padat perangkat atau di kerumunan konektifitas. Tidak hanya di tempat umum tetapi juga di perumahan padat seperti apartemen misalnya.

image: howtogeek.com

Bagaimana WiFi 6 Mengatasi Kemacetan Akses

Untuk mengatasi kepadatan perangkat atau kerumunan konektifitas, WiFi 6 paling tidak memiliki beberapa trik. Pertama, WiFi 6 mampu membagi channel nirkabel (konektifitas) menjadi sejumlah subchannel yang banyak. masing-masing channel mampu membawa data tepat ke perangkat tujuan. Ini berkat teknologi OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access).

Kedua, setiap akses WiFi dapat berbicara dengan lebih dari satu perangkat secara bersamaan. WiFi 6 juga meningkatkan kemampuan MIMO (Multiple In/Multiple Out). Dengan menambahkan sejumlah antena tambahan sehingga setiap akses jaringan mampu berbicara dengan multi perangkat secara bersamaan. Dengan WiFi 5, setiap akses jaringan dapat berbicara dengan perangkat lain secara bersamaan, namun tidak dapat menerima respon secara bersamaan. Dengan WiFi 6, kemampuan multi user MIMO (MU MIMO) lebih ditingkatkan.

image: wi-fi.org

Saat ini sudah produk router yang mengiklankan teknologi 802.11ax, namun WiFi 6 belum final. Anda tidak perlu memikirkan teknologi terbaru ini saat membeli perangkat WiFi terbaru. Soalnya jika Anda membeli router dengan kemampuan WiFi 6 sementara smartphone Anda belum mendukung WiFi 6, maka itu akan menjadi sia-sia. Jangan khawatir, konon kabarnya dalam waktu dekat perangkat terbaru sudah akan memiliki teknologi WiFi 6.

Disadur dari berbagai sumber