pulsa-logo

Samsung Sedang Ulik Teknologi Speaker Bawah Layar


Nariswari

Rabu, 02 Januari 2019 • 19:51

samsung,under display speaker,speaker di bawah layar,teknologi baru


ilustrasiilustrasi

Beberapa waktu yang lalu, Samsung telah memamerkan smartphone andalannya  yang hadir  dengan kamera selfie yang tertanam di bawah layar (termasuk juga Samsung  Galaxy S10  yang akabrnya akan memiliki desain demikian). Namun Samsung tidak lantas berpuas diri. Kini Samsung mengembangkan desain  selanjutnya dalam upaya  untuk meminimalisir  bezel atas ponsel. Yakni dengan  menggarap loudspeaker  yang tertanam di layar.

Samsung berencana untuk menggunakan aktuator piezoelektrik yang disematkan ke layar untuk menghasilkan suara. Samsung menyebutnya Sound on Display, dan rencananya teknologi  itu akan dipamerkan di Consumer Electronics Show  (CES) di Vegas pada tanggal 8-11 Januari 2019.

Sebenarnya  metode transisi suara ini tidak sepenuhnya baru –karena  Xiaomi Mi Mix  sebenarnya juga menggunakan piezoelectricity untuk menghasilkan suara tetapi teknologinya belum cukup siap pada saat itu. Dan generasi penerusnya yakni Xiaomi Mi Mix 2 malah  menggunakan speaker konvensional sebagai gantinya.

Diprediksi  bahwa banyak produsen smartphone dan elektronik yang siap untuk mengganti speaker konvensional dengan  piezoelektricity. Selain Samsung, LG kabarnya akan memamerkan perangkat yang akan menggunakan speaker piezoelektricity di acara CES 2019. Selain itu beberapa OEM China juga  akan menanamkan speaker piezoelektrik ke dalam layar smartphone generasi mendatang.

Namun belum jelas, apakah Samsung akan memiliki teknologi yang telah siap untuk Galaxy S10 atau memilih menggunakan  speaker piezoelektricity . Akan  tetapi di sini  kita bisa  berharap bahwa Samsung  Galaxy Note 10 yang akan diperkenalkan pada musim gugur 2019 akan menggunakan speaker   piezoelectricity. (*)

Sumber: ETnews via GSMArena