pulsa-logo

Qualcomm Siapkan 1,52 Miliar Dolar AS, Larangan Penjualan iPhone di Jerman Sudah Bisa Dimulai


PULSA

Jum'at, 04 Januari 2019 • 09:19

iphone,apple,qualcomm,qualcomm vs apple,larangan penjualan iphone


iPhone 8, salah satu model yang terkena larangan penjualan di JermaniPhone 8, salah satu model yang terkena larangan penjualan di Jerman

Qualcomm belum lama ini telah memenangkan gugatan terkait paten terhadap Apple utuk sejumlah model iPhone di Jerman. Pengadilan di Munich akhirnya menjatuhkan larangan penjualan iPhone 7 dan iPhone 8 yang terkena dampak atas gugatan tersebut. Larangan penjualan iPhone kedua model itu sudah bisa dimulai asalkan Qualcomm menyediakan jaminan sebesar 1,52 miliar dolar AS.

Melansir kabar dari Reuters (via Phonearena), kemarin Qualcomm menerbitan surat jaminan untuk pengadilan yang berarti larangan penjualan iPhone bisa dimulai. Kabar tersebut juga menyebutkan bahwa Apple akan menarik iPhone 7 dan iPhone 8 dari toko-toko di Jerman dan akan mengajukan banding atas putusan tersebut.

Jadi, selama proses pengajuan banding belum mendapat putusan, tetapi penjualan iPhone sudah bisa diberlakukan. Lalu apa gunanya jaminan tersebut? Untuk membayar kompensasi atas kerugian akibat larangan penjualan iPhone jika Apple ternyata memenangkan banding dan kemudian larangan penjualan dibatalkan.  

Sebelumnya Apple juga digugat di Cina oleh Qualcomm dan dimenangkan oleh pihak Qualcomm. Akibatnya, Apple juga terkena larangan penjualan iPhone model lawas terkait paten aplikasi editing.  Sedangkan di Jerman, Qualcomm memenagkan paten atas Apple terkait dengan modem.

Apple juga telah menyiapkan banding di Cina. Berbeda dengan Jerman, selama proses banding tersebut, Apple masih boleh menjual produk iPhone yang terkait. (*)

Sumber: Reuters via Phonearena