pulsa-logo

Tren Smartphone 2019: Dominasi Kamera dan AI


Arief Burhanuddin

Kamis, 10 Januari 2019 • 13:22

honor, tren smartphone, tren smartphone 2019, kamera 3d, ai, artificial intelligence, punch hole,


Huawei Mate 20 ProHuawei Mate 20 Pro

Tahun 2018 telah berlalu. Smartphone dengan beragam inovasi dan pencapaian teknologi telah kita saksikan sepanjang tahun kemarin. Kini, Memasuki 2019, Kita tentu berharap akan terus melihat terobosan-terobosan baru disematkan di smartphone.

Jika tahun lalu kita bertemu dengan teknologi AI, smartphone 3 kamera atau lebih, pemindai sidik jari di layar, hingga tampilan full display, lalu bagaimana dengan tahun 2019?

1. Multi Kamera

Menjelang akhir tahun, Samsung membuat gebrakan dengan mengeluarkan Samsung Galaxy A7(2018) dan A9(2019) yang masing-masing membawa 3 dan 4 kamera utama. Awal tahun ini, OPPO juga tak mau kalah dengan mengeluarkan R17 Pro yang menggendong 3 kamera setelah sebelumnya Huawei P20 Pro dan Mate 20 Pro lebih dulu hadir dengan jumlah kamera yang sama.

Di tahun 2019, tampaknya tren tersebut belum akan berhenti, bahkan jumlah kamera yang tertera masih mungkin bertambah. Rumor terbaru menyebutkan bahwa Nokia 9 Pureview yang sebentar lagi akan hadir malah sudah ancang-ancang bakal menyematkan 5 kamera sekaligus!

Navkendar Singh, Associate Research Director – Devices and Ecosystem IDC untuk India & South Asia mengatakan, "Tentu saja, kita masih harus melihat (tren berdasar) setiap fungsi spesifik dari setiap kamera, - fitur bokeh, sudut lebar atau potret."

2. Kamera 3D


RED HYDROGEN One dengan 4-View Lightfield Display (extremetech)RED HYDROGEN One dengan 4-View Lightfield Display (extremetech)

Selain makin bertambahnya jumlah kamera smartphone, prediksi mengenai kemunculan kamera 3D juga mengemuka. Kamera canggih ini mampu menangkap obyek maupun scene secara 3D, melakukan persepsi yang lebih mendalam terhadap obyek, menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti gaming, shopping, dan lain sebagainya.

Honor View 20 yang baru diluncurkan misalnya, telah dilengkapi dengan dengan sensor "time of flight" (TOF) Sony yang memungkinkan pengguna untuk memindai objek secara real time dan membuat model 3D yang dapat digunakan dalam aplikasi dan game AR. Beberapa laporan bahkan mengklaim bahwa Apple juga menunjukkan minat pada sensor kamera 3D generasi terbaru Sony. Sensor-sensor ini tampaknya akan menambah fungsionalitas kamera depan dan belakang smartphone. Akankah Apple meluncurkan iPhone XI dengan sensor kamera 3D? Hanya waktu yang akan menjawab.

3. AI semakin Pintar

Qualcomm Snapdragon 855 (the verge)Qualcomm Snapdragon 855 (the verge)

Kecerdasan Buatan alias AI akan semakin berkembang dan jauh lebih menarik di tahun 2019. Banyak analis percaya AI memiliki potensi untuk mengubah secara signifikan lanskap smartphone tahun depan.

"Artificial Intelligence (AI) sekarang digunakan untuk meningkatkan pengalaman smartphone secara keseluruhan dan pengguna sudah menyadari fitur-fitur ini dan secara luas mulai mengadopsi fitur-fitur ini dengan kamera berbasis AI menjadi salah satu yang paling populer," kata Shobhit Srivastava, Analis Riset, Perangkat Seluler dan Ekosistem di lembaga riset Counterpoint.

Berkat chipset yang ditenagai AI seperti Qualcomm Snapdragon 845/855, Apple Bionic A11/A12 dan Kirin 970/980, beberapa smartphone kini memiliki kemampuan AI. Anda dapat melihat sendiri bagaimana AI bekerja di Pixel 3, atau bagaimana AI berperan di berbagai aplikasi asisten suara seperti Google Assistant dan Amazon Alexa.

Di tahun 2019, AI tak hanya digunakan untuk kamera dan asisten virtual. Ini berarti kita akan melihat AI dalam bentuk dan fitur lainnya. “AI dalam smartphone tak hanya berperan di kamera dan baterai. AI akan mulai memainkan peran dalam konten melalui perangkat pintar,” kata Faisal Kawoosa, Pendiri dan Kepala Analis di techARC.

4. “Punch hole” alias Display Berlubang

Honor View 20 Punch Hole Display Notch (digital trends)Honor View 20 Punch Hole Display Notch (digital trends)

Setelah tren desain poni digunakan oleh hampir semua vendor smartphone, pengamat memprediksi bahwa desain layar berlubang alias punch hole akan hadir tahun ini.

Desain takik atau poni akan tetap ada, namun beberapa vendor sudah mempersiapkan smartphone punch hole.

Huawei telah mengumumkan akan memproduksi Nova 4 dan View 20 dengan layar berlubang, seperti halnya Samsung dengan Galaxy A8-nya. Asus dikabarkan juga akan meluncurkan smartphone baru dengan lubang untuk kamera selfie, begitu juga Xiaomi.

"Inovasi layar akan terus berlanjut di tahun 2019," kata Navkendar. “Bukan melulu soal kualitas layar tetapi lebih pada desain dan nuansa. Semua upaya akan terus dilakukan untuk membuat layar smartphone memenuhi semua sisi depan."

“Jadi, bezel yang lebih tipis, lekukan yang berkurang bahkan dihilangkan, dan lubang pada layar yang hanya untuk kamera akan (muncul),” tambahnya.

5. Layar Lipat

Satu lagi tren yang dipredksi bakal muncul di 2019 adalah smartphone layar lipat. Samsung, Huawei, Oppo, LG, dan kemungkinan beberapa vendor lainnya sedang mengerjakan desain ponsel lipat yang mungkin akan hadir di tahun 2019. Di tahun 2018, Royole Flexpai telah lebih dahulu membuat ponsel layar lipat, namun inovasi dari brand besar tetap dinantikan. Kemungkinan gelombang pertama layar lipat akan hadir namun dalam bentuk yang tebal, glitchy, dan sangat mahal. Akan membutuhkan lebih banyak riset dan kerja keras sebelum ponsel lipat menjadi tren utama. @ariefburhan/berbagai sumber