pulsa-logo

Huawei Y7 Pro 2019 vs Realme 2: Sama-sama Dua Jutaan, Mana yang Lebih Menawan?


Fauzi

Kamis, 17 Januari 2019 • 17:10

huawei y7 pro 2019, realme 2


Awal tahun, dunia perponselan Tanah Air kembali kedatangan kontestan baru di antaranya datang dari Huawei. Ya, brand yang terbilang cukup ‘senior’ di bisnis ponsel ini telah mengeluarkan smartphone baru bertajuk Huawei Y7 Pro 2019. Smartphone yang dijual dengan harga terjangkau ini datang dengan membawa sejumlah kesan positif, baik dari desain maupun spesifikasi yang ditanamkan.

Kendati begitu, sebagai pendatang baru tentu Huawei Y7 Pro 2019 bakal memiliki pesaing dari produk yang telah beredar sebelumnya. Sebut saja Realme 2. Punya banyak kesamaan dari spesifikasi yang dibawa dan harga yang ditawarkan, menarik kiranya membandingkan Realme 2 dengan pendatang baru Huawei Y7 Pro 2019. Seperti apa? Simak uraian berikut.

Desain

Huawei Y7 Pro 2019: Dimensi 158,9 x 76,9 x 8,1 mm, 168 gram

Realme 2:  Dimensi 156.2 x 75.6 x 8.2 mm, 168 gram

Dijual dengan harga relatif miring, baik Huawei Y7 Pro 2019 maupun Realme 2 sudah dikemas dengan tampilan kekinian. Namun, tentu keduanya menyuguhkan perbedaan. Dari sisi tampilan muka, hal yang paling mencolok terlihat adalah notch yang diadopsi di kedua layar smartphone.


Huawei Y7 Pro 2019 sepertinya tampil lebih segar dengan notch ‘dewdrop’ yang diusungnya. Bisa dibilang di segmen harganya smartphone dengan notch ‘dewdrop’ masih sulit ditemui, tapi Huawei Y7 Pro 2019 sudah menawarkan konsep demikian. Sementara Realme 2, juga datang dengan mengusung desain layar notch. Hanya saja tampilan berbeda lantaran smartphone ini masih mengadopsi tampilan notch yang bisa dibilang relatif standar. 

Dari segi konstruksi, Huawei Y7 Pro (2019) memiliki bodi yang dibentuk dari kombinasi kaca pada bagian depan dan plastik di bagian belakang yang diracik sedemikian rupa hingga membuatnya terlihat sangat atraktif dan elegan. Lekukan-lekukan yang terdapat pada setiap sisi smartphone juga membuatnya terasa ergonomis dan enak untuk digenggam.

Huawei Y7 Pro 2019 memiliki bentang layar cukup luas 6.26 inci berasio 19:9 yang mendominasi penampakan bagian depan dengan rasio layar ke bodi cukup tinggi. Huawei Y7 Pro 2019 nyaris terlihat tanpa bezel, pun di bagian bawah layar (dagu) area ini juga sudah nampak menyempit. Alhasil, meski bentang layarnya tergolong luas, dari sisi bodi Huawei Y7 Pro 2019 hampir setara dengan ponsel berlayar 5.5 inci dengan aspek rasio standar (16:9). Secara keseluruhan bodi Huawei Y7 Pro 2019 memiliki dimensi 158,9 x 76,9 x 8,1 mm dengan berat 168 gram. Huawei Y7 Pro 2019 datang dengan dua pilihan warna menarik, Midnight Blue dan Aurora Blue.

Sementara Realme 2, juga diracik dengan build quality yang cukup baik. Satu yang paling mencolok dari Realme 2 adalah pola diamond geometris menghiasi panel belakangnya yang menyuguhkan tampilan premium.

Dengan ukuran layar yang tergolong luas, 6.2 inci, bodi Realme 2 masih tergolong ramping dan kompak dengan dimensi 156.2 x 75.6 x 8.2 mm. Ini tak lain berkat aspek rasio layarnya yang 19:9, di mana imbasnya membuat smartphone terlihat memanjang dengan dimensi yang bila diukur setara dengan smartphone berlayar 5.5 inci dengan aspek rasio standar. Realme 2 ditawarkan dengan tiga varian warna, masing-masing Diamond Red, Diamond Blue, dan Diamond Black.

Display

Huawei Y7 Pro 2019: 6.26 inci,720 x 1520 piksel (~269ppi), 19:9 rasio, Huawei Dewdrop Display, IPS LCD

Realme 2: 6.2 inci,720 x 1520 piksel (~271ppi), 19:9 rasio, IPS LCD

Sejatinya tidak ada perbedaan berarti yang disuguhkan kedua smartphone dari sektor display. Mulai dari ukuran, resolusi, rasio layar, hingga jenis layar yang digunakan, ternyata antara Huawei Y7 Pro 2019 dan Realme 2 banyak kemiripan.

Huawei Y7 Pro 2010, umpamanya, diracik dengan bentan layar 6.26 inci beresolusi HD+ (720 x 1520 piksel dan menawakan area pandang dengan rasio 19:9. Sementara jenis layar yang digunakan adalah IPS LCD. Tidak jauh berbeda, Realme 2 juga mengemas layar 6.2 inci dengan resolusi, rasio, dan jenis layar yang sama.

Dari segi kecerahan layar dan responsivitas layarnya, baik Huawei Y7 Pro 2019 dan Realme 2 juga setara. Begitupun dengan akses multi-touch yang dimiliki layar, kedua smartphone juga sudah mendukung akses 10 titik secara bersamaan.

Namun, Huawei Y7 Pro 2019 yang memiliki notch lebih mungil berkonsep tetesan embun, tidak hanya sejalan dengan banyak vendor yang mengupayakan notch dibuat sekecil mungkin, tetapi dari sisi tampilan juga menjadi lebih enak dipandang. Alhasil dari sisi pengalaman yang ditawarkan oleh smartphone dengan notch lebih kecil rasa-rasanya juga lebih baik.

OS dan Antarmuka

Huawei Y7 Pro 2019: Android 8.1 Oreo + EMUI 8.2

Realme 2: Android 8.1 Oreo + ColorOS v5.1

Masuk pasar Indonesia, Huawei Y7 Pro 2019 mengusung antarmuka EMUI 8.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Sekilas mengenai EMUI 8.2, secara default pengalaman pengguna yang ditawarkan antarmuka hasil kustom ini sudah begitu simpel, di mana semua aplikasi sudah tertampil langsung di homescreen alias tidak ada app drawer. Kendati demikian, jika pengguna merasa sudah terbiasa dengan app drawer, kita bisa memunculkannya lewat pengaturan di menu Settings> Display> Homescreen Style.

Cukup menyapu homescreen ke arah kanan, kita akan meneumui ada sebuah halaman HiBoard. Mirip Google Now, HiBoardmenampilkan semua info penting bagi pengguna. Fitur lain yang ditawarkan lain berupa Smart Assitance yang terdapat pada menu pengaturan. Di pilihan menu inilah EMUI menempatkan fitur-fitur tambahan yang biasanya memberi nilai lebih pada pengalaman pengguna (user experience). Fasilitas seperti One Handed UI dan Motion Control termasuk dua fasilitas yang terdapat di menu ini. Satu yang menarik, dalam versi default, gambar lockscreen smartphone akan berubah-ubah sehingga tidak membosankan.

Di EMUI 8.2 juga terdapat fasilitas bagi pengguna untuk melakukan akses cepat ke beberapa aplikasi, seperti ke aplikasi perekam suara, kalkulator, senter, alarm,akses ke QR Code Scanner, serta menu lainnya. Caranya, dalam keadaan layar terkunci, sapu layar dari bawah ke atas, maka akan muncul semacam popup yang menampilkan sejumlah menu di dalamnya. Nah, untuk gemar main game, Huawei Y9 Pro 2019 jugapunyafitursemacam game mode, yaknidenganmengaktifkanfitur Do Not Disturb Mode.

Untuk pengamanan, Huawei Y7 Pro 2019 sudah menyematkan fitur Face Unlock 2.0. Dengan memanfaatkan AI dan kamera depan, perangkat dapat mengotentikasi identitas pengguna dan membuka kunci perangkat dengan cepat, sehingga pengguna dapat langsung kembali beraksi.

Sementara Realme 2 ketika diluncurkan datang menjalankan Android 8.1 Oreo yang dipermanis dengan ColorOS v5.1. Tidak hanya mempermanis tampilannya secara umum, dengan ColorOS v5.1 pengoperasian smartphone juga menjadi lebih simpel dan mudah. Hal itu lantaran semua ikon menu sudah tersaji di homescreen, kita tinggal melakukan sapuan ke kiri untuk melihat jajaran ikon menu yang lebih lengkap. Sementara dengan melakukan sapuan ke kanan, kita langsung bisa mengakses sebuah fitur bernama Smart Assistant yang berisi sejumlah informasi penting, mulai dari cuaca, kontak favorit, hingga step tracker.

Sejumlah fitur bermanfaat ikut diboyong Realme 2 untuk mempermudah pengguna untuk melakukan hal-hal tertentu. Seperti Gesture & Motion, di sini terdapat fasilitas yang bisa diaktivasi untuk mengakses aplikasi dengan menggunakan gesture.

Selain itu ada juga fitur bernama Smart Driving, sebuah sistem yang akan secara otomatis mengetahui ketika pengguna sedang berkendara dengan mendeteksi perangkat yang terhubung dengan Bluetooth car kit. Ketika diaktifkan, perangkat akan mendukung mode Do Not Disturb saat ada telepon atau aplikasi messenger untuk keamanan saat berkendara. Fitur ini bisa ditemui dengan mengakses Setting > Smart & Convenient > Smart Driving.

Tanpa dijelaskan lebih lanjut pada Realme 2 pengguna juga bisa memanfaatkan fasilitas seperti App Management, Clone Apps, Game Space, dan App Split-Screen. Sedikit mengenai Game Space, fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang suka main game, di mana dengannya pengguna dimungkinkan untuk memilih notifikasi apa saja yang diabaikan ketika sedang bermain game.

Adapun untuk security (keamanan) selain telah didukung oleh fitur keamanan dari sistem operasinya yang tercakup di Setting > Security, tak ketinggalan smartphone ini juga sudah didukung dengan fitur keamanan berbasis biometrik, seperti pemindai sidik jari dan AI Face Recognition. Khusus untuk fitur AI Face Recognition, Realme 2 memiliki kemampuan mengidentifikasi 128 titik wajah melalui kamera dengan tingkat presisi yang tinggi.

Kamera

Huawei Y7 Pro 2019: Belakang: 13 MP (f/1.8) PDAF + 2 MP (depth sensor), LED flash, HDR, panorama; Depan: 8 MP

Realme 2: 13 MP (f/2.2) + 2 MP (f/2.4) depth sensor; Depan: 8 MP (f/2.2)

Kedua smartphone nampaknya memiliki cara yang sama untuk menjawab kebutuhan pengguna dari sektor fotografi, di mana keduanya menawarkan fitur dual-camera belakang dan satu di bagian depan. Pun dengan konfigurasinya, keduanya juga mirip.

Huawei Y7 Pro 2019 menawarkan dual-camera belakang berkonfigurasi 13 MP + 2 MP (depth sensor). Menariknya alat bidik utama Huawei Y7 Pro 2019 ditopang oleh AI Camera. Di antara kemampuan yang dibawa adalah bisa mengenali 22 objek berbeda yang terdiri dari, langit, manusia, binatang dan pantai. AI akan membantu memberikan adjustment untuk memperbagus hasil foto yang dikenalinya tersebut.

Sementara Realme 2 relatif sama dengan konfigurasi 13 MP + 2 MP depth sensor. Sensor utama Realme 2 memiliki fitur autofokus dan aperture f/2.2. Sementara kamera sekundernya memiliki aperture f/2.4 yang mampu menghadirkan efek bokeh. Turut menemani sensor kamera belakang ada sebuah lampu flash yang siap membantu pengguna ketika menjepret gambar dalam kondisi cahaya minim.

Berbekal spesifikasi kamera utama yang demikian, kedua smartphone mampu menghasilkan foto dengan kualitas cukup baik. Untuk ambil foto bokeh, oleh karena sudah mengadopsi dual-camera, baik Huawei Y7 Pro 2019 dan Realme 2 pun sudah memiliki kemampuan itu. Namun, perlu dicatat Huawei Y7 Pro 2019 memiliki nilai aperture dengan rentang f-stop besar, dimulai dari f/1.8 hingga f/16. Rentang nilai aperture seperti ini akan menghasilkan efek bokeh yang baik.

Bagi pengguna yang suka selfie, pada kedua smartphone juga sudah terdapat sensor kamera depan dengan resolusi 8 MP. Perbedaannya, bila di Huawei Y7 Pro 2019 menggunakan LED flash untuk membantu pengguna ketika mengambil foto dalam kondisi cahaya minim. Sementara Realme 2alih-alih menggunakan LED flash, untuk memaksimalkan hasil foto selfie pada cahaya minim, smartphone ini dibekali fitur screen flash yang menggunakan cahaya layar sebagai media untuk meningkatkan pencahayaan.

Bagaimana dengan hasil bidiknya? Baik menggunakan Huawei Y7 Pro 2019 maupun Realme 2 untuk selfie, hasilnya tidak mengecewakan. Kedua smartphone ini sudah menjawab kebutuhan untuk itu dengan kualitas yang sama baiknya.

Hardware

Huawei Y7 Pro 2019:Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, Qualcomm Snapdragon 450, GPU Adreno 506; RAM 3GB; Storage 32 GB: Baterai 4000 mAh

Xiaomi Redmi Note 5: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, Qualcomm Snapdragon 450, GPU Adreno 506; RAM 3GB; Storage 32 GB; Baterai 4230 mAh

Seperti terlihat di lembar spesifikasinya, di sektor pendukung performa, antara Huawei Y7 Pro 2019 dan Realme 2 terdapat banyak kesamaan. Misalnya, prosesor yang digunakan. Keduanya sama-sama mengusung chipset Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, Qualcomm Snapdragon 450 yang juga didukung oleh GPU Adreno 506. Untuk besaran RAM dan memori internalnya juga demikian, di mana kedua smartphone dibekali RAM 3GB dan memori internal 32 GB. Guna mengakomodasi pengguna yang ingin memperluas daya tamping penyimpan data, baik Huawei Y7 Pro 2019 maupun Realme 2 juga sudah ada slot kartu microSD.

Mengusung spesifikasi jeroan yang sama persis, tidak heran bila kedua smartphone menyajikan daya gedor setara. Dari sisi performa, keduanya sudah tampil oke dan bisa diandalkan untuk menemani aktivitas pengguna.

Punya prosesor dan besaran RAM yang sama, di sektor penyuplai daya, baik Huawei Y7 Pro 2019 maupun Realme 2 sudah menggendong baterai berkapasitas besar. Secara detil, Huawei Y7 Pro 2019 dibekali baterai 4000 mAh, sementara Realme sedikit lebih besar dengan 4230 mAh.

Kesimpulan

Ditilik dari spesifikasi yang ditawarkan, terutama dari pendukung performa, keduanya bisa dibilang tak menyuguhkan perbedaan sama-sama mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 450 dan RAM 3GB. Sektor alat bidik, keduanya juga mengusung dual-camera belakang dan kamera depan dengan resolusi yang sama. Namun, Huawei Y7 Pro 2019 tampil lebih menggigit dengan branding AI Camera-nya.

Untuk tampilan bodi, tidak bisa dipungkiri Realme 2 sejatinya sudah tampil elegan dan kekinian. Hanya saja, Huawei Y7 Pro 2019 yang datang dengan layar notch ‘dewdrop’-nya akan lebih menyita perhatian, lantaran di segmennya, untuk saat ini belum ada yang mengusung model notch yang demikian. Selain itu, smartphone dengan notch lebih kecil juga tengah diupayakan oleh sejumlah brand untuk diadopsi di produk besutannya. Jadi, setidaknya Huawei Y7 Pro 2019 yang dari segi banderol sudah cukup ramah di kantong, tapi di sisi lain sudah mengusung notch dewdrop layak mendapat apresiasi.

untuk informasi lebih lanjut mengenai produk di atas, Anda bisa cek link INI.