pulsa-logo

Waduh! Huawei dan ZTE Bisa Terkena Larangan Membeli Suku Cadang dari AS


PULSA

Jum'at, 18 Januari 2019 • 10:03

huawei,ZTE,laragan AS,perang dagang AS-Cina


smartphone Huawei (ilustrasi)smartphone Huawei (ilustrasi)

Pabrikan Cina Huawei dan ZTE, keduanya sudah dicap sebagai ancaman keamanan nasional oleh pemerintah AS. Atas dasar itu, keduanya bisa terkena larangan membeli suku cadang yang dibuat di AS berdasarkan peraturan yang diusulkan oleh sekelompok anggota parlemen.

Menurut Reuters seperti dikutip dari Phonearena, di bawah aturan yang diusulkan tersebut, chip dan komponen lain yang dibuat di AS akan terlarang bagi Huawei, ZTE dan perusahaan telekomunikasi Cina lainnya yang gagal mematuhi sanksi AS dan aturan kontrol ekspor.

Usulan tersebut diperkenalkan Rabu kemarin bertepatan dengan munculnya laporan bahwa jaksa federal berencana melakukan penyelidikan pidana terhadap Huawei. Perusahaan berlogo bunga lili merah itu diduga mencuri rahasia teknologi dari operator AS T-Mobile yang terkait dengan robot pengujian telepon yang disebut "Mr. Tappy". T-Mobile memenangkan kasus perdata terhadap Huawei, dan diganjar dengan 4,8 juta dolar AS.

Kabar mengenai usulan aturan ini akhirnya ditanggapi ole pemerintah Cina. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying menyebut aturan AS itu "histeria," dan menyarankan agar anggota parlemen AS membatalkan usulannya.

Tahun lalu, ZTE pernah merasakan larangan membeli suku cadang dari AS karena perusahaan itu dinilai tidak mematuhi larangan menjual perangkat ke Iran dan Korea Utara. Korea. ZTE juga terkena larangan ekspor ke AS sehingga mereka menutup beberapa operasi bisnisnya, dan akhirnya mencapai penyelesaian dengan membayar denda cukup besar. (*)