pulsa-logo

Wahai Asus, Mengapa Zenbook 13 dan 14 Harganya Sama?


Arief Burhanuddin

Jum'at, 18 Januari 2019 • 11:30

asus zenbook, harga asus zenbook 2019, asus zenbook 13, asus zenbook 14, asus zenbook 15, num pad,


Mengawali tahun 2019, ASUS meluncurkan notebook seri Zenbook terbarunya yang terbagi dalam \3 varian layar masing-masing 13,14, dan 15 inci. Yang menarik, Asus mematok harga yang sama antara varian Zenbook 13 inci dan 14 inci. 

 

Asus menjelaskan bahwa mereka melakukan hal tersebut supaya masyarakat mendapatkan lebih banyak opsi yang lebih beragam.

 

"Bagi yang ingin menggunakan laptop yang kompak bisa memilih varian 13 inci, sementara bagi yang menginginkan layar lebih lega bisa tersedia ukuran 14 inci," kata Notebook Product Manager Lead ASUS, Frank Wang di sela acara peluncuran Zenbook terbaru di Pullman Central Park, Kamis 17 Januari 2019. 

 

"Soal spesifikasi dan desain, keduanya sangat mirip dengan perbedaan hanya terletak di ukuran layar. Kami tidak ingin memberikan harga yang lebih mahal hanya karena ukuran layar yang lebih besar." 


 

3 Varian Zenbook Baru

 

Dalam kesempatan yang sama, ASUS memperkenalkan seri ZenBook terbaru mereka yaitu ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan Zen13Book 15 UX533. Ketiganya merupakan ultrabook premium yang menggunakan desain frameless NanoEdge Display dengan bezel ultra-tipis. Bezel tersebut membuat tiga ultrabook ini memiliki screen-to-body ratio mencapai 95%. Teknologi NanoEdge Display membuat tiga seri laptop ini memiliki bodi paling ringkas di antara laptop sekelasnya. 

 

Asus ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433 hadir dengan numpad virtual yang bisa diaktifkan melalui tombol khusus. Ketika tombol ditekan, numpad akan muncul di touchpad menggunakan LED khusus dan menggantikan fungsinya. Semua model ZenBook terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan kamera infra-merah yang terintegrasi dengan sistem face login menggunakan Windows Hello.

 

Lini ZenBook terbaru juga tampil dengan bodi yang lebih kokoh dari sebelumnya dan sudah mengantongi sertifikasi standar militer MIL-STD-810G.

 

 

Pilihan Warna 

 

Dua pilihan warna telah disediakan, yaitu Royal Blue  dan Icicle Silver. Pilihan warna Burgundy Red juga akan hadir pada ZenBook 13 UX333FN.

 

Konektivitas

 

Seri ZenBook terbaru kali ini tetap tampil dengan USB 3.1 Type-A sehingga penggunanya tetap bisa menghubungkan berbagai perangkat yang dibutuhkan. Untuk perangkat modern, ASUS menyediakan port USB 3.1 Gen 2 Type-C yang memiliki kecepatan transfer data hingga 10Gbps. Sebagai tambahan, port HDMI, combo audio jack, dan pembaca kartu MicroSD ikut dihadirkan di jajaran laptop ZenBook terbaru ini.

 

Performa

 

Seri ZenBook terbaru ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-8 serta didukung oleh GPU NVIDIA GeForce. Opsi GPU NVIDIA GeForce MX150 tersedia untuk ZenBook 13 dan 14. Sedangkan ZenBook 15 ditenagai oleh GPU yang lebih kencang yaitu NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q.

 

Semua model ZenBook terbaru menggunakan NVMe PCIe SSD berperforma tinggi dengan kapasitas hingga 512GB, serta dilengkapi dengan RAM hingga 16GB. 

 

Semua model ZenBook terbaru sudah dilengkapi dengan gigabit-class WiFi serta ASUS WiFi Master Technology dan Bluetooth 5.0.

 

Spesifikasi

 

 

Harga