pulsa-logo

Universitas Oxford Stop Terima Bantuan dari Huawei, Dampak Perang Dagang AS-Cina?


PULSA

Jum'at, 18 Januari 2019 • 19:45

Dampak Perang Dagang AS-Cina, Universitas Oxford Stop Terima Bantuan dari Huawei


ilustrasiilustrasi

Universitas Oxford di Inggris, seperti dilaporkan The Guardian (via Engadget), tak lagi menerima bantuan berupa hibah atau sumbangan dari Huawei. Keputusan itu disebut karena didasarkan pada "keprihatinan publik" yang timbul dalam beberapa bulan terakhir seputar kemitraan Inggris dengan Huawei.

Tapi, meski sumbangan baru tidak akan diterima lagi dari Huawei, Oxford mengatakan proyek yang sedang berjalan yang didukung oleh dana dari Huawei akan tetap berlanjut, dan itu termasuk dua proyek yang sudah disetujui oleh pihak universitas yang telah menerima dana 692.000 pounds dari Huawei.

Inggris termasuk salah-satu negara yang dilobi AS untuk tidak menggunakan produk teknologi Huawei karena alasan keamanan. Negara-negara lain, termasuk Selandia Baru dan Australia, juga telah mengambil tindakan yang sama terhadap Huawei.

"Kami berharap masalah ini dapat diselesaikan segera dan berharap Huawei sendiri bisa meyakinkan kembali pemerintah tentang peran dan kegiatannya," kata Oxford dalam sebuah pernyataan.

Huawei jelas menolak dituduh sebagai ancaman keamanan. "Kami tidak diberitahu tentang keputusan ini dan menunggu penjelasan penuh universitas," kata juru bicara Huawei kepada The Guardian. "Sebagai perusahaan teknologi milik swasta, dengan rekam jejak yang kuat dalam R&D, kami percaya keputusan kemitraan seharusnya, seperti halnya penelitian, harus berbasis bukti." (*)