pulsa-logo

Awas, Bug di Twitter Bisa Bocorkan Tweet Pribadi yang Disembunyikan Selama Bertahun-tahun


Nariswari

Jum'at, 18 Januari 2019 • 20:59

Awas, Bug di Twitter Bisa Bocorkan Tweet Pribadi yang Disembunyikan Selama Bertahun-tahun


ilustrasi Twitterilustrasi Twitter

Jika Anda  adalah pengguna Twitter di ponsel berbasis OS Android sejak 2014, Anda sepertinya harus mengecek ulang pengaturan Anda. Dalam laman Help Center kemarin (17/1), Twitter mengungkapkan bahwa beberapa pengguna Twitter di perangkat berbasis OS Android memunculkan tweet-tweet pribadi lama mereka karena adanya masalah keamanan.

Bug ini menyebabkan aplikasi Twitter Android terpaksa  menonaktifkan pengaturan "Protect Your Tweet” untuk beberapa pengguna Android yang membuat perubahan pada pengaturan akun mereka, seperti mengubah alamat email yang dilakukan dalam kurun waktu antara 3 November 2014 sampai 14 Januari 2019 .

Seperti diungkap The Verge, Twitter  mengatakan bahwa  masalah ini telah diperbaiki  pada awal pekan ini dan bagi pengguna Twitter untuk iOS dan Twitter web tidak terpengaruh. Sayangnya Twitter tidak secara terbuka mengungkapkan  berapa banyak akun Android yang mengalami masalah ini.

Terkait dengan bug, Twitter telah memperbaiki pada tanggal 14 Januari dan mereka telah menghubungi para pengguna yang terkena dampaknya. Twitter mengatakan  bahwa mereka sudah mengetahui bug tersebut dan mereka menghubungi pengguna yang terdampak dan mengaktifkan kembali pengaturan untuk mereka. Akan tetapi Twitter tetap merekomendasikan agar pengguna meninjau pengaturan privasi mereka untuk memastikan preferensi yang mereka inginkan. (*)