pulsa-logo

Pabrik iPhone PHK Ribuan Karyawan, Kenapa?


Nariswari

Senin, 21 Januari 2019 • 18:24

Pabrik iPhone PHK Ribuan Karyawan,foxconn,pegatron


Gerai penjual iphone resmi (ilustrasi)Gerai penjual iphone resmi (ilustrasi)

Foxconn yang merupakan perusahaan perakitan perangkat Apple, dikabarkan  telah memangkas sekitar 50.000 pekerja kontrak dari perusahaannya sejak bulan Oktober 2018 lalu. Jumlah ini  sangat besar dan “tidak biasa” jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut informasi yang  berasal dari narasumber yang tidak disebutkan namanya, para pekerja kontrak itu berasal dari pabrik di Zhengzhou, di Provinsi Henan, China, yang bertanggung jawab atas sebagian besar produksi iPhone. Boleh jadi pengurangan karyawan itu imbas dari penurunan produksi iPhone.

Dikutip dari GSMArena, biasanya para pekerja kontrak di Foxconn  akan diperpanjang setiap bulan dari Agustus hingga Januari. Namun. yang tidak biasa adalah Foxconn telah memberhentikan banyak pekerja kontrak ini sebelum akhir tahun.

Sedangkan Pegatron, yang merupakan perusahaan perakitan Apple terbesar kedua juga diam-diam telah mem-PHK banyak tenaga kerjanya lebih awal.  Jumlah tenaga kerja sebanyak 200.000 orang selama musim puncak produksi, kini telah berkurang puluhan ribu orang setiap bulan hingga mencapai hanya  100,000 orang saja saat ini. Jumlah ini pun  yang diperlukan untuk mempertahankan produksi regular.

Pengurangan karyawan ini bisa juga dilakukan karena pabrik Foxconn di India siap untuk memproduksi iPhone termahal di 2019. Biasanya pabrik iPhone di India hanya memproduksi seri iphone low end saja. Seperti dikutip dari Reuters, pabrik iPhone di India setidaknya bisa membuka lapangan kerja hingga 25 ribu pekerja.(*)