pulsa-logo

Lawan Hoax, Forward Pesan di Whatsapp akan Dibatasi Hanya ke Lima Penerima


PULSA

Senin, 21 Januari 2019 • 19:29

hoax,cara lawan hoax,whatsapp,berita palsu,akibat hoax


ilustrasiilustrasi

Layanan perpesanan milik Facebook yakni WhatsApp messenger akan membatasi jumlah poenerima pesan forward atau yang dteruskan yakni hanya ke lima penerima saja. Hal ini dilakukan demi mencegah "informasi yang salah dan rumor". “Kami menerapkan batas lima pesan di seluruh dunia pada hari ini,” kata Victoria Grand, wakil presiden untuk kebijakan dan komunikasi WhatsApp seperti dikutip PULSA dari Reuters.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp dapat meneruskan pesan ke 20 orang atau grup. Pembatasan lima penerima ini diperluas secara global oleh WhatsApp menyusul kejadian di India pada Juli tahun lalu setelah terjadinya aksi main hakin sendiri akibat penyebaran berita negatif.

WhatsApp, yang memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna, telah berusaha menemukan cara untuk menghentikan penyalahgunaan aplikasi, menyusul kekhawatiran global bahwa aplikasi tersebut digunakan untuk menyebarkan berita palsu atau hoax, memanipulasi foto, video tanpa konteks, dan tipuan audio, yang sulit untuk dimonitor.Enkripsi end to end memungkinkan pengguna untuk bertukar teks, foto, dan video tanpa bisa diperiksa oleh siapapun bahkan platform itu sendiri.

WhatsApp akan meluncurkan pembaruan untuk mengaktifkan fitur ini. (*)